Sunday, February 16, 2014

KUNKER PANGDAM VI/MULAWARMAN DI KABUPATEN BALANGAN

DALAM kunjungan kerjanya ke Kabupaten Balangan, Pangdam VI/Mulawarman, Mayor Jenderal TNI Dicky Wainal Usman SIP MSi, bersama Bupati Balangan, H Sefek Effendie, melakukan penandatanganan MoU Tentang Kerja Sama Pelaksanaan Percepatan Pembangunan Koramil 1001-02 Paringin dan Koramil 1001-05 Lampihong sekaligus secara resmi meletakkan batu pertama pembangunan Markas Koramil 1001-05 Lampihong. Pada acara yang berlangsung di Kecamatan Lampihong tersebut, hadir pula Danrem 101 Antasari, Kolonel Inf Suharjono SIP, Ketua DPRD Kabupaten Balangan, H Zainuddin, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Balangan, para Dandim se-Kalimantan Selatan, Sekretaris Daerah Kabupaten Balangan, Ir H Ruskariadi, para Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Balangan, tokoh masyarakat dan warga sekitar.
Dalam laporannya, Bupati Balangan, H Sefek Effendie, menjelaskan bahwa Pemkab Balangan dan TNI adalah mitra yang erat dan memberi manfaat nyata bagi masyarakat. “Di wilayah kami, Kabupaten Balangan, selama ini TNI aktif dalam peningkatan prasarana dan sarana umum, serta pengembangan kualitas sumber daya manusia. Bentuk konkritnya antara lain adalah peningkatan dan pembangunan jalan di pedesaan, fasilitas penyediaan air bersih, serta pengentasan masyarakat dari buta huruf. Tidak ketinggalan, selama tahun 2013 tidak kurang dari dua kali TNI menyerahkan hasil bedah rumah untuk warga kami yang kurang mampu,” jelas Bupati. 
Sebagai bentuk apresiasi sekaligus harapan atas kerja sama yang sangat baik antara kedua belah pihak tersebut, lanjut Bupati, Pemkab Balangan berkomitmen untuk menyediakan atau menghibahkan lahan guna lokasi pembangunan Markas Koramil Lampihong, Markas Koramil Paringin maupun Markas Kodim bila nantinya TNI mengambil kebijakan untuk memberi Balangan sebuah kodim tersendiri.
Sementara itu, Pangdam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Dicky Wainal Usman SIP MSi, dalam arahannya mengatakan bahwa pihaknya selalu berupaya untuk mempercepat proses berdirinya Kodim di Kabupaten Balangan dan keputusannya akan diketahui pada tahun 2014 ini. Selain itu Pangdam VI/Mulawarman mengingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat tentang Empat Pilar Kebangsaan Indonesia yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Empat Pilar tersebut, menurut Pangdam VI/Mulawarman, saat ini harus segera diimplementasikan ke dalam perwujudan yang lebih konkrit dan nyata. “Kami sebagai bagian dari bangsa Indonesia merasa perlu untuk membantu pemerintah dalam upaya mensosialisasikan perwujudan Empat Pilar tersebut dalam format yang lebih dirasakan besar manfaatnya bagi bangsa yang meliputi seluruh elemen masyarakat dan melingkupi semua aspek kehidupan sosial, berbangsa dan bernegara,” papar Pangdam.

No comments:

Post a Comment