Monday, March 17, 2014

ADVETORIAL TANBU : AKSES MENUJU PANTAI PAGATAN TERUS DIBENAHI



PEMERINTAH Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) terus melakukan pembenahan akses jalan menuju obyek wisata Pantai Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir. Langkah ini ditempuh pemerintah daerah menyusul rencana dilaksanakannya agenda budaya tahunan Tanbu yakni Pesta Adat Mappanretasi oleh masyarakat nelayan Pagatan pada April mendatang. Ini sekaligus pula sebagai bagian persiapan penting pemerintah daerah untuk menjadikan Pagatan sebagai ikon wisata unggulan di Bumi Bersujud terintegrasi dengan Pantai Rindu Alam yang berada di Desa Betung, Kecamatan Kusan Hilir, yang diproyeksikan menjadi destinasi pariwisata unggulan daerah Tanbu.
Rehabilitasi akses jalan pusat kota Pagatan tersebut, menurut Bupati Mardani H Maming, tak lain merupakan rangkaian penting program pemerintah daerah untuk memproyeksikan Pagatan sebagai salah satu kota budaya di Tanbu pada khususnya dan Kalsel pada umumnya. “Pantai Pagatan dengan even budaya Mappanretasi tidak hanya menjadi aset budaya Tanah Bumbu tapi juga merupakan aset budaya Kalsel, bahkan nasional. Oleh karena itu langkah pembenahan dan rehabilitasi akses jalan dan pembangunan beragam fasilitas sarana dan prasarana penunjang itu tak lain merupakan langkah konstruktif kita bersama dalam rangka menunjang program pemerintah daerah untuk memperkenalkan pesta adat Mappanretasi lebih luas lagi, tidak hanya bagi wisatawan lokal tapi juga domestik, bahkan manca negara,” beber Mardani.
Dilanjutkannya, langkah ini juga kita integrasikan dengan program pemerintah daerah melalui Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata dalam mempromosikan Pantai Rindu Alam sebagai destinasi pariwisata unggulan Tanbu. Untuk menunjang rencana program tersebut, Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata sudah membangun sejumlah fasilitas publik serta sejumlah sarana dan prasarana pendukung di lokasi Pantai Rindu Alam, termasuk membuka akses jalan baru untuk menuju lokasi pantai.
Bahkan, untuk menarik wisatawan agar lebih tertarik mengunjungi Pantai Rindu Alam, di lokasi pantai yang ditumbuhi deretan pohon cemara pantai itu juga ditempatkan wahana waterboom. Di tahun 2014 ini pula, sebut Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Tanbu, H M Thaha, di lokasi Pantai Rindu Alam juga akan ditempatkan wahana bermain anak seperti ayunan, papan luncur dan wahana sejenisnya, serta sarana MCK dan air bersih. Harapannya, ke depan Pantai Rindu Alam menjadi salah satu tujuan utama warga masyarakat tak hanya saat ada even saja, namun juga menjadi tujuan masyarakat untuk bersantai dan menikmati suasana pantai kapan pun, khususnya pada akhir pekan.
Sementara itu terkait dengan pembenahan dan rehabilitasi ruas jalan dalam kota Pagatan, menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Tanbu, Roy Rizali Anwar, titik-titik perbaikan ruas jalan kota Pagatan meliputi ruas Jalan Mangkubumi dengan panjang 347 meter dan lebar 8 meter, Jalan Jati dengan panjang 226 meter dan lebar 9 meter, Jalan Masjid Jami dengan panjang 117,6 meter dan lebar 5,35 meter, Jalan Abdus Syukur Rahim dengan panjang 312 meter dan lebar 7,60 meter, dan akses jalan yang menghubungkan dengan Gang Annur sepanjang 387 meter dan lebar 3,15 meter. Alokasi anggaran untuk pengerjaan proyek rehabilitassi jalan dalam kota Pagatan itu menggunakan pola pembiayaan secara multiyears untuk tahun anggaran 2013 - 2014 dengan total anggaran sebesar Rp 9 milyar. (Adv/relhum)R.26
Akses menuju Pantai Pagatan yang terus dibenahi. (Foto: Adv/relhum)

No comments:

Post a Comment