Saturday, March 22, 2014

PROFIL : BENARKAH PAK MINUN MENUAI SUKSES BERUNTUN ?



MENEBAR keikhlasan menuai kesuksesan. Kalimat pendek tersebut identik dengan apa yang dilakukan Drs H Minun Latif MSi, mantan Camat Lakarsantri, Kota Surabaya, ini.  Menurut penuturan teman dekatnya yang enggan disebut namanya, Pak Minun, demikian panggilan sehari-harinya, sejak menjadi guru di SMP Wachid Hasyim telah menunjukkan kinerja yang baik. Itu terlihat, pria berhobi sepakbola dan juga pemain handal di tahun 1970-an ini tidak pernah absen mengajar dan tidak pernah komplain atas gajinya yang relatif kecil. “Terlihat di situ keikhlasan Pak Minun,” tutur temannya sambil menambahkan bahwa Pak Minun termasuk sosok yang haus belajar.
Sore hari, pria kelahiran Surabaya yang tinggal di Kelurahan Sumberejo, Kecamatan Pakal, Kota Surabaya, ini menyisihkan waktunya untuk kuliah hingga mendapatkan gelar “Doctorandus” (Drs) di bidang pendidikan. Dalam perjalanannya, Pak Minun yang pernah menjadi jurkam salah satu partai ini, diberi kepercayaan oleh pejabat Pemkot Surabaya menjadi Sekcam di Kecamatan Benowo. Kantornya dekat dengan salah satu kampus perguruan tinggi swasta, maka Pak Minun tidak menyia-nyiakan waktu untuk belajar menambah ilmu.  Ia kuliah di sana mengambil program S2 sampai memperoleh gelar “Magister Sience” (MSi).
Setelah beberapa tahun menjabat sebagai Sekcam, pria berkopiah hitam ini mendapat kepercayaan untuk menjadi Camat di Kecamatan Sambikerep, Surabaya. Beberapa tahun kemudian menjadi Camat Pakal. Dan menjelang pensiun, dimutasi ke Kecamatan Lakarsantri dengan jabatan Camat juga.
Sewaktu menjalani pensiun tahun 2012, ia teringat masa remaja ketika bersekolah di Jombang. Ia pun teringat Gus Dur yang pernah berkunjung di sekolahnya. Ia juga teringat bahwa Gus Dur sebagai sosok yang membidani lahirnya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Tak menunda-nunda waktu, seperti kebiasaan selama ini, Minun akuisisi ke PKB dan diberi kepercayaan menjadi Wakil Ketua Dewan Tanfidzh (Harian) DPC PKB Kota Surabaya. Bahkan disarankan untuk mendaftar sebagai Caleg DPRD Kota Surabaya.
Bapak empat anak ini mendapatkan nomor urut 4.  Ndilalah (kebetulan) Drs H Minun Latif MSi yang pernah menjadi Sekcam dan Camat ini mendapatkan Daerah Pilihan (Dapil) V yang meliputi beberapa kecamatan yaitu Benowo, Pakal, Lakarsantri, Sambikerep, Asemrowo, Dukuhpakis, Karangpilang. Tentu saja para pemilih tidak asing lagi terhadap sosok Drs H Minun Latif MSi karena para pemilih yang notabene warga pernah bertemu dan dilayani sewaktu Pak Minun aktif di kantor Kecamatan, utamanya di Benowo, Pakal,  Lakrsantri dan sekitarnya.
Sedangkan di daerah seputar Asemrowo, Dukuhpakis dan Karangpilang, menurut penuturan Tim Sukses-nya, mereka tidak asing dengan wajah Pak Minun karena sudah cukup lama mengenalnya dalam suatu kegiatan jauh sebelum Pak Minun mendaftar sebagai Caleg.
Akankah dalam pemilihan legislatif tanggal 9 April 2014 yang hanya kurang beberapa minggu ini Drs H Minun Latif MSi bakal terpilih menjadi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kota Surabaya ? Insya Allah. (F.302)R.26
Drs H Minun Latif MSi

No comments:

Post a Comment