Tuesday, March 4, 2014

PROYEK PU PENGAIRAN OKI TIDAK TRANSPARAN

ANGGARAN yang disiapkan Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) di bidang pengairan sebenarnya sangat bermanfaat bagi masyarakat, di mana program yang dilakukan berupa normalisasi sungai. Setiap tahun pekerjaan yang satu ini selalu mendapatkan anggaran yang berjumlah miliyaran rupiah. Tujuannya, untuk mengatasi luapan air yang setiap tahun dapat mengancam warga masyarakat Kabupaten OKI, terutama yang berada di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS). Tahun 2013 melalui dana APBD setidaknya ada 28 pekerjaan normalisasi sungai di 11 kecamatan. Sementara itu pengerjaan normalisasi sungai yang di Desa Kepahyang, Kecamatan Lempuing, serta di Desa Berkat, Kecamatan SP Padang, sumber dananya tidak termasuk dalam APBD murni.
Meskipun setiap tahun pekerjaan normalisasi sungai selalu dilakukan dengan harapan dapat mengurangi naiknya debit air terutama saat musim hujan tiba, namun ketika musim hujan tiba ternyata masyarakat yang tinggal di daerah DAS belum mendapatkan manfaat yang berarti. Sebab luapan air sungai tetap menggenangi rumah masyarakat.
Kepala Bidang (Kabid) PU Pengairan Kabupaten OKI, A Oktariansyah Pratama ST, saat dikonfirmasi Supriadi dari FAKTA mengatakan, tidak mengetahui sama sekali jumlah pekerjaan proyek yang dilakukan Dinas PU Pengairan Kabupaten OKI serta pekerjaan apa saja yang dilaksanakan PU Pengiran. Alasannya, dia hanyalah sekedar Plt Kabid Pengairan dan diakuinya dirinya tidak terlibat sama sekali baik itu sebagai PPTK maupun KPA.
Lebih lanjut Okta mengatakan bahwa semua pekerjaan Dinas PU Pengairan tetap ditangani Kepala Bidang (Kabid) yang lama yakni Hanafi ST yang sekarang sudah menjabat sebagai Sekretaris PU Cipta Karya Kabupaten OKI.

Hasil pantauan FAKTA, ketika musim hujan tiba ada beberapa kecamatan yang masih rawan banjir, terutama di kawasan DAS. Seperti Kecamatan Pedamaran, Lempuing, Lempuing Jaya, Kayuagung, SP Padang dan Jejawi. Masyarakat berharap PU Cipta Karya dalam merencanakan pekerjaan normalisasi sungai benar-benar tepat sasaran sehingga saat musim hujan tiba tidak ada lagi rumah warga yang terendam banjir. (F.949)R.26 

No comments:

Post a Comment