Thursday, May 8, 2014

ADVETORIAL : PERINGATAN HARI KARTINI KE-135

Walikota Jayapura,
Drs Benhur Tommy Mano MM
“SAYA mengajak kita semua khususnya kaum perempuan senantiasa memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, oleh kasih kemurahan-Nya, kita dapat melaksanakan peringatan Hari Ulang Tahun Raden Ajeng Kartini ke-135. Pada kesempatan ini juga saya mengucapkan selamat Hari Raya Paskah kepada kalian semua kaum perempuan anggota GOW yang beragama Kristiani di Kota Jayapura yang merayakannya. Untuk mengenang pengorbanan jasa Ibu Kartini sebagai pahlawan nasional kita, sebagai bangsa yang besar dan berbudaya maka sudah sewajarnya kita menghargai jasa-jasa pengorbanan pahlawan kita, R A Kartini,” tutur Walikota Jayapura, Drs Benhur Tommy Mano MM, dalam acara peringatan Hari Kartini pada 24 April 2014 di Pemkot Jayapura.
Lebih lanjut dituturkannya bahwa Kartini adalah seorang ibu rumah tangga sederhana yang mampu menggerakkan emansipasi perempuan di tanah air. “135 tahun kemudian kita bersyukur kaum perempuan di tanah air bisa berbangga setelah melalui proses panjang, eksistensi perempuan gemilang menjadikan dirinya sejajar dengan kaum pria. Eksistensi keberhasilan dalam perjuangan memberikan hasil signifikan yang dikategorikan dua hal pokok; pertama, perempuan diberikan porsi yang sama besarnya dengan pria, mengabdi, berkiprah, berkarya di segala bidang kehidupan dalam mengisi pembangunan, pemerintahan, kemasyarakatan, lingkup nasional, regional, daerah, khususnya di Kota Jayapura. Kedua, implementasi kesetaraan dan pengarusutamaan gender sedang giat kita laksanakan, tujuan utamanya sebagai perjuangan emansipasi wanita. GOW Kota Jayapura merupakan induk semangnya organisasi perempuan Kota Jayapura bersama Badan Pemberdayaan Perempuan Keluarga Berencana (KB) Kota Jayapura serta LSM Peduli Perempuan berkiprah dan berpartisipasi baik di lembaga legislatif, eksekutif, yudikatif serta di sektor lainnya dengan sangat sinergis,” papar Walikota Jayapura.
 Sesuai dengan tema peringatan Hari Kartini tahun 2014 ini yaitu,“Dengan Semangat Kartini Kita Tingkatkan Peran Perempuan Dalam Segala Bidang Demi Tercapainya Keadilan dan Kesetaraan Gender”, sambung Walikota Jayapura, hendaknya tema tersebut dapat menggugah kesadaran kita semua, laki-laki dan perempuan secara bersama-sama bersinergi membangun kemitraan secara bersungguh-sungguh dalam bentuk tindakan aksi nyata mendongkrak kemampuan, kecerdasan, keterampilan, kemandirian perempuan dalam berpartisipasi di semua bidang pembangunan di Kota Jayapura.
“Bila kita jujur menyimak perkembangan pembangunan, kemajuan saat ini sudah banyak kaum perempuan berhasil memegang posisi penting dan strategis, Seperti yang sudah saya sebutkan di atas yaitu ada yang di lembaga eksekutif, legislatif, yudikatif, militer, kepolisian, organisasi kemasyarakatan, bidang ekonomi, perdagangan, kewirausahaan, sektor perbankan dan swasta lainnya. Adanya perubahan paradigma yang signifikan, kaum perempuan semakin didorong untuk terus mengembangkan dan meningkatkan sumber daya manusianya melalui jalur formal dan non formal. Sebab pendidikan merupakan pondasi paling kokoh dalam menentukan mind set (pola pikir, pola tindak, perilaku) serta culture set (budaya kerja, daya juang, daya kreasi, daya inovasi kaum perempuan). Sehingga harapan kita bersama membangun sumber daya manusia perempuan menjadi cerdas, terampil, mandiri, terukur, bisa terwujud. Namun tidak serta merta melalaikan perempuan dari tugas dan kewajiban utamanya dalam rumah tangga. Kartini sebagai ibu rumah tangga, tugas utamanya yang paling terpuji dan terhormat adalah membina keluarga sehat sejahtera, bertanggung jawab, membimbing, dan mendidik. Saya menghimbau kaum perempuan penerus nilai-nilai kehidupan norma-norma keluarga sebagai kelompok strategis masyarakat, saatnya harus bangkit berperan aktif membawa perubahan pelaku pembaharuan Kota Jayapura. Reformasi yang sedang bergulir merupakan proses transisi menuju alam demokrasi dan merupakan momentum bagi kaum perempuan untuk dapat mengaktualisasikan dirinya. Keterpinggiran sikap diam perempuan bukan saatnya lagi. Aktualisasi perjuangan perempuan tidak hanya menuntut pengakuan pihak lain (kaum pria) atas hak dan kewajibannya dalam mengisi, menata, membangun Kota Tanah Papua, bangsa, negara kita dan berbagai sektor kehidupan.
Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya menyampaikan selamat dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada panitia seluruh kaum perempuan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Jayapura yang telah berhasil menyelenggarakan beberapa kegiatan menyongsong Hari Kartini ini. Semoga apa yang dilaksanakan memberi manfaat yang sebesar-besarnya bagi kaum perempuan, terutama bagi warga masyarakat Kota Jayapura yang kita cintai ini, Akhirnya kepada Tuhan kita bersandar menyerahkan semua rencana dan cita-cita harapan ini, semoga Tuhan memberikan berkat, karunia dan perlindungan-Nya kepada kita semua. SELAMAT HARI KARTINI KE-135”. (F.867) majalahfaktaonline.blogspot.com

No comments:

Post a Comment