Tuesday, May 27, 2014

DELTA RAYA : GEDUNG BAPEMAS LAMONGAN DIRESMIKAN

BADAN Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas) Kabupaten Lamongan memiliki gedung baru dua lantai, tepatnya di sisi timur Terminal Lamongan. Pembangunan gedung yang anggarannya dari APBD Kabupaten Lamongan Tahun 2013 itu pada Selasa (15/4) diresmikan Bupati Lamongan, Fadeli. Acara tersebut juga diselenggarakan untuk meresmikan Gedung Show Room Dewan Kerajinan Nasional Daerah serta Penganugerahan Kudamas Award Tahun 2013. Sementara malam harinya, digelar pertunjukan wayang kulit dengan lakon Semar Bangun Khayangan oleh Ki Dalang Mujianto.
Kepala Bapemas Pemkab Lamongan, Mohammad Nalikan, menyampaikan, “Gedung Bapemas dua lantai ini dibangun di atas lahan seluas 750 m2 dengan dana sebesar Rp 6,3 miliar dari APBD Kabupaten Lamongan tahun 2013. Sedangkan Gedung Show Room Dewan Kerajinan Nasional Daerah dibangun dengan dana sebesar Rp 650 juta”.
Bupati Lamongan, Fadeli, dalam sambutannya juga mengapresiasi pembangunan gedung Bapemas ini karena menambah sarana dan prasarana yang menjadi kebanggaan warga Lamongan. Menurut dia, gedung Bapemas sekarang berada di tempat yang strategis. Keberadaan gedung baru tersebut agar juga diikuti oleh peningkatan SDM dan prestasi di bidang pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Lamongan. “Bidang pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Lamongan pada tahun 2013 masuk dalam 3 besar Jawa Timur, yakni Desa Sidorejo. Total dana gotong royong di Kabupaten Lamongan mencapai Rp 72,03 miliar. Di tahun ini semoga dengan gedung yang baru, kwalitas SDM-nya dapat meningkat dan kembali meraih prestasi,” ujar Fadeli.
Dalam acara peresmian tersebut juga diberikan Kudamas Award yakni penghargaan bagi pelaku pemberdayaan masyarakat terbaik di Kabupaten Lamongan Tahun 2013. Penghargaan itu diberikan kepada 33 desa dalam 11 kategori. Yakni, Alokasi Dana Desa, Bantuan Keuangan kepada Pemerintah Desa (Jalan Poros Desa), Pasar Desa, Unit Pengelola Keuangan, Unit Pengelola PNPM Mandiri Pedesaan. Badan Kerja Sama Antar Desa, Badan Pemeriksa Unit Pengelola Kegiatan, Pendamping Lokal PNPM Mandiri Pedesaan, Tim Pelaksana Kegiatan PNPM Mandiri Pedesaan, Tim Pengelola dan Pemelihara Prasarana PNPM Mandiri Pedesaan dan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa PNPM Mandiri Pedesaan. (F.728) majalah fakta online
Bupati Lamongan, Fadeli, saat peresmian Gedung Bapemas

No comments:

Post a Comment