Tuesday, May 27, 2014

DELTA RAYA : WARGA LAMONGAN TERCOVER BPJS

KEPALA Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Bojonegoro, Hari Subijakto, mengungkapkan bahwa sudah lebih dari separo warga Kabupaten Lamongan yang tercover asuransi kesehatan tersebut. Tepatnya sebanyak 641.232 jiwa atau 53,41 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Lamongan. Hal tersebut disampaikannya saat Pertemuan Koordinasi Pemerintah Daerah Kabupaten Lamongan (Dinas Kesehatan) dengan Konsep Pembiayaan Langsung Kapitasi dengan Cara Pemanfaatan Kapitasi di Puskesmas. Kegiatan di Sabha Dyaksa (16/4) itu dibuka Asisten Tata Praja Pemkab Lamongan, A Farikh. BPJS Kesehatan merupakan asuransi kesehatan sosial yang sudah berjalan sejak 1 Januari 2014.
“Tujuan acara itu untuk meningkatkan hubungan kemitraan dan koordinasi dengan Puskesmas, Camat, Kelurahan, Kades dan Perbankan serta menyampaikan sosialisasi JKN BPJS Kesehatan. Juga agar peserta dapat memahami prosedur untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan. Sampai dengan saat ini jumlah peserta BPJS Kesehatan di Kabupaten Lamongan sebanyak 641.232 jiwa atau 53,41% dari jumlah penduduk. Peserta dari PBI (Penerima Bantuan Iuran) sebanyak 550.989 jiwa, peserta dari eks Askes dan Mandiri sebanyak 59.992 jiwa. Terus peserta dari TNI 691 jiwa, dari anggota Polri ada sebanyak 3.007 jiwa, dan peserta BPJS Kesehatan dari eks Jamsostek sebanyak 26.553 jiwa,” ungkap Hari Subijakto.
Asisten Tata Praja Pemkab Lamongan, A Farikh, menyampaikan bahwa program BPJS Kesehatan bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat, ini selaras dengan program yang dicanangkan oleh Bupati Fadeli, yaitu mencanangkan 4 pilar. Yakni; pendidikan, pelayanan kesehatan, pertumbuhan ekonomi dan percepatan infrastruktur. “Dan, di bulan Mei tahun 2014 ini bakal diluncurkan program Mobil Sehat untuk meningkatkan pelayanan kesehatan sampai ke tingkat pelosok desa, dan dengan dukungan Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Lamongan, target seluruh penduduk Lamongan akan menjadi peserta BPJS dapat tercapai sebelum 1 Januari 2019. Di tahun 2013, jumlah penduduk Lamongan tercatat ada sebanyak 1.348.259 jiwa”, ungkap A Farikh. (F.728) majalah fakta online
Asisten Tata Praja Pemkab Lamongan, A Farikh, saat sosialisasi BPJS

No comments:

Post a Comment