Saturday, May 31, 2014

UNTAIAN PERISTIWA : SILATURAHMI KAPOLRES NGAWI DENGAN WARTAWAN BERJALAN LANCAR

MENGAKHIRI bulan Maret 2014, yaitu tanggal 28 Maret 2014, Kapolres Ngawi menyelenggarakan acara silaturahmi dengan para wartawan yang ada di wilayah kerjanya, baik itu wartawan media cetak maupun eloktronik, bertempat di Aula Mapolres Ngawi. Hadir pula dalam acara “Silaturahmi Kapolres Ngawi Dengan Media Massa” itu adalah Wakapolres, Kabag dan Kasat.
Acara tersebut merupakan acara rutin tahunan yang tujuannya untuk lebih mempererat jalinan kemitraan antara jajaran Polres Ngawi dengan insan pers di Ngawi. Di samping itu juga sebagai wahana untuk saling bertukar pikiran dalam menyikapi kondisi kamtibmas sehingga pemberitaan dapat seimbang dan dapat menjaga kondusifitas masyarakat di wilayah Ngawi.
Sebagai pembuka sambutannya, Kapolres Ngawi, AKBP Valentino Alfa Tatareda SH SIK, mengakui bahwa pertemuan semacam ini perlu selalu diselenggarakan karena untuk ajang mengemukakan pendapat sehingga terjalin komunikasi yang baik antara jajaran Polres Ngawi dengan semua insan pers yang ada di wilayah Kota Kripik, Ngawi.
Dalam kurun waktu sampai dengan Maret 2014, situasi kamtibmas di Ngawi cukup kondusif dan satu kejadian yang menonjol adalah peristiwa pencurian kayu di hutan kawasan Sumberbening yang memakan korban jiwa. Menyinggung soal pengamanan pada pesta demokrasi Pemilu Legislatif dan Presiden 2014, pihaknya sudah menyiapkan 600 petugas untuk mengamankan sekitar 2.000 TPS yang tersebar di seluruh wilayah Ngawi. Dan harapannya, pelaksanaan Pileg dan Pilpres nanti bisa berjalan aman serta lancar.
Tentang kasus laka lantas, sementara kejadiannya tidak terlalu signifikan. Pesan Kapolres, agar selalu berhati-hati dalam berkendaraan karena kecelakaan lalin bisa menimpa siapa saja. Mengenai kasus narkoba, juga tidak terlalu menonjol dan hanya ada satu-dua saja. Sedangkan kasus-kasus yang lain sementara yang menonjol belum terjadi dan pihaknya berharap semuanya bisa terkendali, aman.
Acara dilanjutkan dengan sesi ramah tamah berupa tanya jawab dari masing-masing wartawan yang hadir. Ada sekitar 15 orang yang mengajukan pertanyaan, kebanyakan masalah pemilu, lalulintas serta siskamling.
Termasuk keberadaan mesin keliling huler, bentor, kereta mini serta odong-odong dan usulan untuk dapatnya ditertibkan karena keberadaannya saat ini semakin semrawut.
Masalah Pos Polisi yang ada di dekat Jembatan Timbang Kauman menjadi sorotan para wartawan karena di tempat itu diduga terjadi pungli oleh oknum petugas Lantas dan seolah-olah adanya garis marka jalan menjadi senjata untuk menilang pengguna jalan. Jawaban Kapolres bahwa sebetulnya menurut pemantauan, pihaknya mempermasalahkan keberadaan jembatan timbang dan itu sebaiknya posisinya ditempatkan di sebelah kiri dan berada di luar kota. Di sinilah permasalahan itu terjadi karena petugas harus mengamankan kendaraan yang datang dari sebelah barat dan terjadi pemotongan marka jalan oleh pengguna jalan serta mengarah ke kanan.
Tentang jabatan Kabag Humas di Polres Ngawi yang sampai saat ini masih kosong, Kapolres juga sudah mengajukan ke Polda Jawa Timur untuk dapatnya segera diisi karena jabatan Humas di Polres adalah wewenang dari Polda.
Masih banyak lagi permasalahan yang diajukan para wartawan yang hadir dan semua bisa dijelaskan Kapolres Ngawi, AKBP Valentino Alfa Tatareda, sehingga acara silaturahmi kali ini bisa memuaskan para wartawan.
Sebagai pamungkas acara adalah makan siang bersama Kapolres Ngawi dengan semua undangan yang hadir. Bahkan di sela-sela makan siang bersama itu masih terjadi dialog antara wartawan dengan Kapolres.
Para wartawan yang hadir mengaku cukup puas dan berharap acara semacam ini bisa diselenggarakan lagi, namun untuk waktu acaranya agar diperpanjang. (F.219) majalah fakta online
Kapolres Ngawi, AKBP Valentino Alfa Tatareda SH SIK (kiri),
dalam acara silaturahmi dengan media massa di Polres Ngawi

No comments:

Post a Comment