Sunday, June 29, 2014

LINTAS KARIMUN : AKAN DIBANGUN JEMBATAN KARIMUN – JOHOR – RIAU (KJR)

KABUPATEN Karimun terletak di daerah kelautan dan memiliki sejumlah pulau dan berada di antara perairan Selat Malaka serta di daerah perbatasan dengan negara tetangga, Malaysia dan Singapura. Dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di daerah pesisir, Pemerintah Kabupaten Karimun berencana membangun jembatan penghubung antar pulau hingga ke negeri jiran, Malaysia.
          Dalam perencanaan pembangunan jembatan antar pulau yang ada di Kabupaten Karimun hingga ke Malaysia itu selain mendapat dukungan dari Bapenas RI juga dari kalangan swasta. Pengusaha Malaysia cukup berminat untuk membangun koneksitas daerah yang menghubungkan antara satu pulau ke pulau yang lain hingga ke Malaysia tersebut. “Pihak swasta Malaysia itu bakal   menyediakan anggaran sebanyak Rp 30 triliun untuk rencana tersebut,” ujar Kabag Humas Pemkab Karimun, M Yosli, kepada Hendri dari FAKTA.
            Saat ini daerah yang baru mulai terhubung oleh jembatan itu adalah daerah Pulau Pauh ke Pulau Moro. Pembangunan jembatannya masih pada tahap pengerjaan. Sedangkan pembangunan jembatan untuk Pulau Karimun ke Pulau Parit direncanakan dikerjakan pada tahun 2016.
            Pembangunan jembatan dari Pulau Karimun ke Pulau Parit itu sebagai langkal awal dalam perencanaan pembangunan penghubung koneksitas antara  satu pulau ke pulau lain yang ada di Karimun – Palelawan, Provinsi Riau, hingga ke Johor, Malaysia, yang disebut jembatan Karimun – Johor – Riau (KJR).
            Dalam menghubungkan koneksitas Karimun dengan Johor, Malaysia, akan dilakukan pembangunan terowongan bawah laut agar tidak mengganggu arus lalu lintas kapal di perairan Selat Malaka. Lokasi pembangunan terowongan itu akan  dilakukan di daerah Pulau Karimun Anak. Terowongan dibangun dari Karimun Anak tembus hingga ke Kukup, Malaysia, dengan panjang terowongan hingga 17 Km.
            Pada rencana pembangunan koneksitas antar pulau di daerah Karimun – Palelawan, Provinsi Riau, hingga ke Malaysia itu telah dilakukan kajian konstruksi  dari kalangan para akademisi. Rencana pembangunan jembatan penghubung antar pulau yang berada di Kabupaten Karimun hingga pembangunan terowongan dasar laut sampai ke Malaysia itu juga telah dilakukan pertemuan dengan  berbagai pihak dan Bapenas RI. (F.942) majalah fakta online
M Yosli, Kabag Humas Pemkab Karimun

No comments:

Post a Comment