Tuesday, June 24, 2014

LINTAS PAPUA : POLDA PAPUA PERINGKAT 3 DALAM PENYELESAIAN TPK

“SAAT pelantikan Walikota Sorong, saya masih di sana menjabat Wakapolres Sorong. Perkembangan terakhirnya memang untuk Ketua Panitia, Drs Markus Iek MSi, sudah tahap II tinggal penyerahan tersangka yang harus diserahkan di Manokwari karena pengadilannya di sana, TKP di sana. Untuk tersangka lainnya disidik pertama Kabag Umum, termasuk dua anggota DPRD-nya. Dia menerima uang total Rp 1,5 milyar, mereka bagi-bagikan. Dana semuanya Rp 5 milyar dihabiskan Rp 3,5 milyar untuk kepanitiaan. Hasil perkembangan kasus ini ditangani tujuh jaksa. Ancaman hukumannya minimal 5 tahun. Untuk barang bukti yang berhasil diamankan berupa uang kita sita dikembalikan kepada negara sebagai kerugian uang negara hasil audit BPKD sejumlah Rp 2,3 milyar,” kata Kompol Rizky Ferdiyansyah SH SIK, Kasubdit III Tipikor Polda Papua, kepada Edi Sasmita dari FAKTA.
Selanjutnya tindak pidana korupsi dana hibah Bupati Maybrat, sambung Rizky, sudah tahap II. Sesuai UU No.13 Tahun 2009 diatur tentang anggaran untuk pembentukan kabupaten baru. Sebelum dibentuk kabupaten dipilih seorang pejabat Bupati yang saat itu Bernard Sagrim MM. Hasil audit BPKP terjadi kerugian keuangan negara Rp 3,2 milyar dari Rp 15 milyar yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. “Sekarang sudah menjadi tanggung jawab kejaksaan. Ada satu lagi staf protokolernya, mungkin minggu depan sudah P21 berkas lengkap. Dia staf pribadi tapi berperan sebagai bendahara padahal dia tidak punya SKEP Bendahara. Kasus itu sudah lama 11 Februari 2012,” tutur Risky yang alumni SMA Taruna Nusantara Magelang, Akpol Tahun 1988, PTIK (Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian) Tahun 2007 ini.
            Jabatan yang pernah disandang Rizky adalah Pamapta Polres Dumai di Riau, Kanit Buser Polrestabes Balerang Batam, Kapolsek Tg Batu Polres Tg Balai Karimun, Kapolsek Batam Center Batam, Kanit 1 Satuan II/EK DITRESKRIM POLDA MALUKU, Wakapolres Kota Sorong, Kasubdit II Tipikor Polda Papua. Sedangkan tugas yang pernah diemban adalah sebagai Katim Sidik Pengibaran Bendera RMS di Harganas yang dihadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudoyono, Katim lidik operasi illegal fishing terpusat dengan BARESKRIM POLRI (Thailand, China, Korea), People Smuslinsan Drugs Program Ilea Thailand, Study Banding Kepolisian JICA Japan. “Polda Papua peringkat 3 dalam penyelesaian Tindak Pidana Korupsi Tahun 2013 dan jumlah selesai perkara 69 dalam 1 tahun”. (F.867) majalah fakta online
Kompol Rizky Ferdiyansyah SH SIK, Kasubdit III Tipikor Polda Papua

No comments:

Post a Comment