Tuesday, June 24, 2014

MAKASSAR RAYA : 4 NAPI ANAK KABUR DARI LP MAKASSAR

KEPALA Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Sulawesi Selatan, Haru Tamtomo, mengatakan bahwa pihaknya telah membentuk tim yang akan mengusut penyebab kaburnya empat narapidana anak dari tahanan khusus anak di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Makassar.
Haru mengancam akan memberikan sanksi yang tegas kepada pejabat LP jika terbukti terlibat dalam pelarian para tahanan tersebut. “Bila hasil pengusutan mengidentifikasikan adanya keterlibatan dan kelalaian pejabat LP, pasti akan kami kenakan sanksi sesuai dengan hukum yang berlaku,” ujar Haru.
Empat tahanan itu adalah S, H, M dan M, semuanya berusia 16 tahun. Mereka kabur setelah menunaikan shalat Jumat di masjid yang terletak dalam kompleks LP pada pekan lalu. Diduga karena longgarnya pengawasan untuk tahanan anak. Bahkan ada dugaan kaburnya tahanan tersebut dibantu oleh orang dalam.
Petugas LP yang terletak di Jalan Sultan Alauddin, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, itu baru mengetahui hilangnya empat tahanan anak tersebut pada saat dilakukan pergantian regu pengamanan dan dilanjutkan dengan pengecekan para tahanan khusus anak di bawah umur.
Kepala LP Kelas 1 Makassar, Edi Kurniadi, belum dapat memastikan penyebab kaburnya para tahanan yang terlibat kasus pencurian sepeda motor itu. Namun Edi tidak menampik kemungkinan akibat kelalaian petugas. Karena itu kasus tersebut sedang diselidiki hingga para napi anak yang kabur itu ditemukan kembali dan apabila ada petugas LP yang terlibat dalam pelarian mereka maka juga akan dikenakan sanksi yang setimpal. Setidak-tidaknya dia juga akan ditahan sama dengan yang lainnya, sebab itu salah satu kejahatan atau membantu penjahat.
Menurut Edi, pihaknya telah berkoordinasi dengan jajaran Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan dan Barat (Polda Sulselbar) untuk membantu mengejar para tahanan yang kabur itu. “Kami juga sudah meminta jajaran Polres dan Polsek agar bisa membantu menemukan pelaku kejahatan walaupun mereka masih di bawah umur”.
            Juru bicara Polda Sulselbar, Kombes Pol Edi Sutendi, berjanji dalam waktu dekat akan mengupayakan penangkapan mereka. Sejumlah tim sudah diturunkan untuk mencari dan mengejar mereka dan apabila ada yang membantu dalam pelariannya atau menyembunyikan para tahanan ini maka dia juga akan ikut ditahan. Sudah disampaikan kepada pihak keluarga 4 anak yang kabur dari LP Makassar itu untuk segera menyerahkan mereka kembali kepada kantor polisi terdekat untuk mengikuti proses hukum yang berlaku sesuai dengan perbuatannya”. (Tim) majalah fakta online
4 napi anak kabur setelah sholat Jumat

No comments:

Post a Comment