Tuesday, July 1, 2014

LINTAS JOGJA : ADA NILAI 10 PADA HASIL UAN SISWA SMK MUHAMMADIYAH 1 SALAM

SEKOLAH Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadyah 1 Salam Magelang kembali menggelar Wisuda Purna Wiyata. Kegiatan yang diadakan setiap tahun saat kelulusan Hasil Ujian Nasional (UAN) tahun 2014 ini diikuti 268 siswa-siswi, 41 di antaranya siswi dan 227 murid laki-laki. Mereka merupakan seluruh peserta didik yang telah mengikuti UAN 2014. Adapun hasil UAN 2014, seluruh siswa dan siswi di sekolah ini dinyatakan lulus 100 persen. 
            Ada yang istimewa pada acara wisuda kali ini, yakni diwajibkannya seluruh murid untuk mengenakan pakaian adat tradisional, begitu juga seluruh guru pengajar, dengan maksud untuk melestarikan budaya yang adiluhung. “Wisuda Purna Wiyata tahun 2014 merupakan wisuda yang lain dari perayaan tahun sebelumnya, pada tahun ini seluruh peserta wisuda diwajibkan mengenakan pakaian adat tradisional begitu pula seluruh guru pengajarnya. SMK Muhammadiyah 1 Salam sendiri saat ini memiliki program pendidikan keahlian teknologi dan rekasaya, yang meliputi kompetensi keahlian antara lain teknik permesinan, teknik otomotif kendaraan ringan, teknik sepeda motor serta teknik komputer dan jaringan. Pada tahun 2014 ini murid yang mengikuti ujian nasional sebanyak 268 murid, sebanyak 41 murid perempuan dan 227 adalah murid laki-laki. Suatu prestasi yang membanggakan bahwa seluruh siswa dan siswi yang telah mengikuti ujian nasional 2014 dinyatakan lulus 100 persen, ungkap Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Salam, Drs H Suparno.
               Lebih lanjut dijelaskan bahwa sejak berdirinya sekolahan tersebut tahun 1971, selalu menelorkan alumnus yang berkualitas. Terbukti untuk tahun ini ada dua siswa peraih nilai tertinggi yaitu nilai 10 pada mata pelajaran matematika, yang diraih oleh Alex santosa (Teknik Komputer) dan Abdul  Aziz (Teknik Kendaraan Ringan). Sebagai penghargaan dan atensi kepada siswa berprestasi tersebut pihak sekolah memberikan  uang masing-masing Rp 300 ribu.
Sekolah yang terletak di Jalan  Lapangan Jumoyo, Salam, Magelang, ini sedang melakukan pengembangan kompetensi untuk meningkatkan mutu pendidikan yang akan dimulai pada tahun 2015 mendatang. Direncanakan pada tahun itu akan dibuka (sudah kompetensi baru) untuk jurusan Teknik Pertambangan (bekerja sama dengan SMK Depok Sleman), Teknik Alat Berat (kerja sama dengan SMA Negeri Singosari Malang) dan Teknik Sipil Gambar Bangun. Bahkan saat ini sedang dalam wacana akan dibangun asrama untuk menampung siswa-siswi yang berasal dari luar daerah Kecamatan Salam, Magelang.
            Suparno berharap sekolah yang telah meluluskan sekitar 8.000-an alumni ini dapat menciptakan lulusan yang siap kerja dengan bekal keahlian yang ditempuh selama mengikuti proses belajar. Bahkan selama ini beberapa lulusan telah diserap di perusahaan besar yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Acara wisuda yang digelar bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei ini berlangsung semarak, terlihat seluruh murid membaur bersama para guru dengan pakaian adat yang dikenakannya dalam suasana suka-cita. (F.883) majalah fakta online
Kepala SMK Muhammadiyah 1 Salam, Drs H Suparno

No comments:

Post a Comment