Friday, July 18, 2014

SURABAYA RAYA : JATANRAS DITRESKRIMUM POLDA JATIM GULUNG SINDIKAT PERAMPOK EMAS KELAS KAKAP

SUBDIT Jatanras III Ditreskrimum Polda Jatim kembali berhasil membekuk salah  satu pelaku perampokan emas di Toko Bulan Purnama Jalan Sukarjo Wiryopranoto, Malang, Jawa Timur (22/6). Pelaku berinisial FA alias Wisnu alias Wigno asal Purwokerto Selatan Banyumas, ditangkap di Solok, Sumatera Barat. Saat penangkapan, pelaku terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas di bagian kakinya karena menyerang polisi dengan senjata tajam (sajam). Polisi juga mengamankan barang bukti 3 kg emas dan 2 unit mobil yang diduga hasil kejahatan.
Menurut Kasubdit Jatanras Polda JawaTimur, AKBP Hanny Hidayat, Senin (23/6), tersangka ditangkap petugas gabungan dari Timsus Cobra Subdit Jatanras Polda Jatim dan Subdit Jatanras Polda Metro Jaya. Tersangka ditangkap di tempat persembunyiannya di Kelurahan Muaro Pingai, Kecamatan Junjung Sirih, Kabupaten Solok, Sabtu siang (21/6). Selain mobil Daihatsu Terios warna putih, Honda Jazz RS warna hitam, petugas juga menyita sebilah pisau beserta sarungnya, 2 buah tas pinggang serta 1 lembar SIM dan KTP atas nama Ferdi Ardiansyah dan 1 buah kartu ATM BRI. Saat dilakukan penangkapan, tersangka melakukan perlawanan kepada petugas sehingga dengan terpaksa petugas memberikan tembakan di kaki tersangka.
Sebelumnya, pada hari Kamis (6/2) Polda Jatim berhasil menangkap sejumlah tersangka dalam kasus tersebut. Saat beraksi tersangka bersama kelompoknya berhasil mengambil sejumlah perhiasan emas seberat 6 kg. “Saat ini Polda Jatim masih mengembangkan kasus tersebut untuk mengungkap keterlibatan tersangka lainnya yang masih buron,” tegasnya.
Sementara Kabid Humas Polda JawaTimur, Kombes Pol Awi Setiyono, mengatakan, penangkapan yang dilakukan Tim Subdit Jatanras III yang dikomandoi AKBP Hanny Hidayat berhasil menangkap salah satu buron pelaku perampokan toko emas di Malang. “Perburuan buronan tersebut melibatkan tiga Polda lain, yaitu Polda Metro Jaya, Polda Riau dan Polda Sumatera. Kelompok Wigno tergolong kelas kakap. Saat beraksi di Malang pada 6 Febuari lalu pelaku hanya butuh waktu 10 menit untuk mengacak-acak toko emas itu,” jelasnya.
            Awi menambahkan, dalam aksinya komplotan spesialis toko emas ini terdiri dari enam pelaku. Dua pelaku kerap membawa senjata api. Saat merampok Toko Emas Bulan Purnama, mereka berhasil membawa kabur 6 kg emas setelah melepaskan beberapa kali tembakan ke arah etalase dan atap toko. Karena bersenjata api, karyawan toko emas itu pun ketakutan dan membiarkan para pelaku menguras perhiasan di toko tersebut. Atas informasi kejadian itu, polisi mulai mengendus keberadaan komplotan Wigno. Komplotan mereka terdeteksi sering berpindah-pindah lokasi. “Bahkan saking licinnya sehingga menjadi target buruan semua Polda di Indonesia selatan,’’ tambahnya. (F.568) majalah fakta online
Tersangka Wigno saat dikeler petugas Subdit Jatanras III Ditreskrimum Polda Jatim

No comments:

Post a Comment