Monday, September 1, 2014

LINTAS KARIMUN : JALAN RUSAK PARAH, DINAS PU KARIMUN TUTUP MATA

Jalan yang sudah lama rusak parah tetap dibiarkan saja
oleh Dinas PU Kabupaten Karimun
WALAU sudah sekian lama kondisi beberapa ruas jalan di beberapa kecamatan di Kabupaten Karimun rusak parah, namun terkesan diabaikan oleh pihak Dinas PU setempat sebagai penangung jawab terhadap perbaikan ruas jalan. Baliho wajib pajak yang dipasang di kawasan publik yang berbunyi; Pajak yang anda bayar berarti telah mendukung pembangunan”, pun dinilai hanya sebatas slogan.
           Bagaimana tidak ? “Sarana jalan umum yang mengalami kerusakan cukup parah kerap diabaikan oleh instansi terkait,” ujar Iwan, salah satu warga kepada Hendri dari FAKTA ketika melintas di Jalan Sei Bati, Kecamatan Tebing. Kerusakan ruas jalannya  sudah seperti kubangan kerbau. Padahal ruas jalan itu selalu dilalui oleh para pejabat Pemkab maupun DPRD Karimun.
           Keluhan senada disampaikan Asef. Selain ruas jalan di Jalan Sei Bati, kondisi  yang sama juga terjadi pada sepanjang Jalan Wonosari, Kecamatan Meral, Jalan Letjend Suprapto, Kecamatan Meral Barat, jalan poros serta  jalan dari Simpang  Pelangi  menuju ke pasar tradisional Meral, Kecamatan Meral.
           Mencuat pertanyaan bernada tuduhan,”Dikemanakan saja dana perawatan jalan yang dianggarkan setiap tahunnya ? Apa hanya untuk kegiatan tambal sulam jalan saja ?” Hingga sudah selayaknya kinerja Dinas PU Kabupaten Karimun dipertanyakan.
           Asef berharap adanya perhatian dari pemerintah daerah, disebabkan jalan yang  terlihat rusak-parah itu merupakan jalan yang dibangun dengan uang rakyat yang ada di APBD. “Jika kondisi tersebut terus dibiarkan bisa membahayakan bagi pengendara yang melintasinya”.
          Jika mengacu pada UU No.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas,  Dinas PU memiliki tangung jawab atas sarana  jalan umum yang layak, serta jika terjadi kerugian menimpa pengendara di lokasi ruas jalan yang rusak yang telah diabaikannya tersebut maka para pengendara bisa menggugatnya ke pengadilan.
          Saat dikonfirmasi Hendri dari FAKTA di kantornya, Kepala Dinas PU Pemkab Karimun, Anwar Abu Bakar, masih dinas luar. (F.942) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment