Friday, October 10, 2014

ADVETORIAL : TANGANI AIDS, BUPATI GDE AGUNG BERTEMU DELEGASI KOTA-KOTA DUNIA DI MELBOURNE

Bupati Badung, Anak Agung Gde Agung, saat menghadiri Cities for Social Transformation Ending AIDS by 2030 di Melbourne
KABUPATEN Badung mendapatkan kehormatan berpartisipasi pada even bergengsi tingkat internasional yakni Cities for Social Transformation Ending AIDS by 2030. Itu sebagai rangkaian International AIDS Conference ke-20 di Melbourne, Australia, pada Sabtu (19/07). Sebagai upaya memenuhi undangan Walikota Melbourne dan UNAIDS, dalam acara itu Bupati Badung, Anak Agung Gde Agung, memimpin langsung delegasi Kabupaten Badung.
Di sana, Bupati Gde Agung didampingi Kadis Kesehatan Kabupaten Badung, dr Gede Putra Suteja, dan Sekretaris KPA Kabupaten Badung, dr Elly Swandewi Murti, bertukar pikiran serta pengalaman dengan para delegasi dari 15 kota berbagai negara lainnya terkait upaya percepatan penanggulangan HIV/AIDS untuk mencapai target penurunan HIV/AIDS secara drastis pada tahun 2030.
Lebih lanjut dijelaskan Anak Agung Gde Raka Yuda, Kabag Humas Kabupaten Badung, bahwa 15 kota di dunia itu memiliki peran penting dalam percepatan penanggulangan HIV/AIDS. Mengingat data menunjukkan, populasi penduduk di kota-kota di dunia terus meningkat seiring meningkatnya pertumbuhan ekonomi masing-masing. Kondisi itu juga diikuti dengan semakin memusatnya epidemi HIV/AIDS di wilayah perkotaan.
“Dengan fakta tersebut maka kota-kota di dunia memiliki peran besar untuk berkontribusi terhadap penanggulangan HIV/AIDS yang memang sangat diharapkan. Oleh sebab itu tentu masing-masing pemimpin kota perlu saling belajar dan berbagi pengalaman agar penanggulangan HIV/AIDS menjadi semakin fokus dan efektif. Capaian di wilayah kota masing-masing, nantinya akan berkontribusi terhadap penurunan HIV/AIDS secara global,” ungkap Raka Yuda.
Sedangkan pada sesi pertemuan antara seluruh delegasi Indonesia dengan Menteri Kesehatan RI, dr Nafsiah Mboi, selaku pimpinan delegasi, Bupati Gde Agung berkesempatan menyampaikan langkah-langkah yang telah ditempuh Kabupaten Badung sebagai wujud kontribusi daerah terhadap upaya percepatan penanggulangan HIV/AIDS. Antara lain melalui Program Layanan Komprehensif Berkesinambungan di puskesmas. Di samping itu komitmen Kabupaten Badung terhadap percepatan penanggulangan HIV/AIDS juga mencakup dukungan dari aspek program dan pendanaan yang bertujuan memperluas jangkauan pemeriksaan HIV/AIDS terhadap populasi kunci, seperti ibu hamil.
             “Dengan demikian upaya yang dilaksanakan Kabupaten Badung telah berjalan secara sinergis dengan program pemerintah pusat maupun agenda global. Pembelajaran dari pertemuan ini menjadi landasan untuk melakukan upaya-upaya percepatan lainnya,” jelas Raka Yuda. (F.915) http://www.majalahfakta.com / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment