Wednesday, December 10, 2014

LINTAS MOJOKERTO : Walikota Turun Ke Sawah

Saat dilakukan penyemprotan masal
SEBAGAI upaya antisipasi munculnya populasi hama wereng pada tanaman padi, Walikota Mojokerto melakukan penyemprotan insektisida pada tanaman padi di lingkungan Kedundung, Kelurahan Kedundung, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto, pekan lalu. Kegiatan penyemprotan masal ini melibatkan seluruh unsur kelompok tani, kelurahan, petugas teknis Dinas Pertanian.
Kepala Dinas Pertanian Kota Mojokerto, Hari Moerti, mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran dan peran serta petani/masyarakat tentang upaya pengamanan produksi padi dari serangan hama, serta meningkatkan kerja sama antara Dinas Pertanian dengan pihak swasta (perusahaan pestisida) terkait upaya pengendalian hama secara terpadu.
Walikota Mojokerto, Mas’ud Yunus, mengatakan, pengendalian hama padi menjadi perhatian utama para usaha tani. “Kegagalan pengendalian hama akan menurunkan produksi secara drastis. Oleh karenanya perlu dilakukan penyemprotan untuk mengantisipasinya. Permasalahan utama pada lahan usaha tani padi wilayah Kelompok Tani Sri Sedono II  yang terdapat di Lingkungan Kedundung ini adalah adanya serangan hama wereng,” katanya.
Dengan adanya penyemprotan masal ini, Walikota berharap produksi padi akan aman dari serangan hama wereng. Penyemprotan masal insektisida ini juga menggunakan dosis rendah dengan tetap memperhatikan aspek keamanan lingkungan.
Lokasi penyemprotan yang bertempat di lahan Kelompok Tani Sri Sedono II Lingkungan Kedundung, Kelurahan Kedundung, Kecamatan Magersari, ini diikuti 75 orang yang terdiri dari anggota Kelompok Tani Sri Sedono II, Petugas Teknis Dinas Pertanian Kota Mojokerto, Perusahaan Mitra PT Petrosida Gresik, Perusahaan Mitra CV Makmur  SL. (F.325) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment