Saturday, January 10, 2015

DELTA RAYA : HARGA KEDELAI LOKAL MEMBAIK

HARGA jual komoditi kacang kedelai lokal di pasar tradisional Lamongan membaik. Harga bahan baku utama pembuatan tempe ini naik dari Rp 6 ribu/kg menjadi Rp 7 ribu/kg. Kenaikan tersebut merata terjadi di empat pasar tradisional yang dipantau Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan (Diskopindag) setempat.
Seperti diungkapkan Plt Kadiskopindag Kabupaten Lamongan, Setyo Basuki, melalui Kabag Humas dan Infokom, Mohammad Zamroni, empat pasar tersebut adalah Pasar Sidoharjo (Lamongan), Pasar Babat (Babat), Pasar Blimbing (Paciran) dan Pasar Mantup (Mantup).
Di Pasar Sidoharjo dan Babat harga jual kedelai mencapai Rp 7 ribu /kg, naik Rp 1.000,- dibanding harga jual minggu lalu yang sebesar Rp 6 ribu/kg. Sedangkan di Pasar Blimbing/Paciran, minggu lalu kedelai yang dijual Rp 6.300,/kg, minggu ini naik menjadi Rp 7.300,-/kg. Sementara di Pasar Mantup/Mantup naik dari Rp 6.200,-/kg menjadi Rp 7.200,-/kg.
Komoditi lain yang mengalami kenaikan adalah bawang merah yang naik dari Rp 13 ribu/kg menjadi Rp 15 ribu/kg di Pasar Sidoharjo. Sementara di tiga pasar lainnya malah kompak turun hingga Rp 2 ribu/kg. Seperti di Pasar Babat/Babat yang turun dari Rp 12 ribu/kg menjadi Rp 10 ribu/kg. Di Pasar Blimbing/Paciran turun dari Rp 14.500,-/kg menjadi Rp 12.500,-/kg dan di Pasar Mantup/Mantup harga jual minggu ini Rp 12 ribu, atau turun dari harga minggu lalu yang sebesar Rp 14 ribu/kg.
Komoditi jenis sayuran lainnya juga mengalami kenaikan harga. Seperti wortel yang naik dari Rp 5.500,-/kg menjadi Rp 7.500,-/kg di Pasar Babat/Babat. Sedangkan buncis naik Rp 2 ribu/kg-nya di Pasar Blimbing/Paciran, yakni dari Rp 8 ribu/kg menjadi Rp 10 ribu/kg.
Data dari Dinas Pertanian dan Kehutanan Lamongan, total sasaran panen kedelai di Lamongan tahun ini diperkirakan mencapai 21.122 hektar. Dengan produktivitas sebesar 14 kwintal per hektar dan sasaran produksinya sebesar 29.568 ton. (F.728) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment