Saturday, February 7, 2015

WATAMPONE RAYA : NURDIN AKAN JADIKAN BANTAENG KOTA SEPERTI BATU

BUPATI Bantaeng, Dr H Muh Nurdin Abdullah, mengakui wacana menjadikan Kabupaten Bantaeng sebagai Kota karena terinspirasi dari Kota Batu, Jawa Timur.
Menurut Nurdin, daerah tersebut memiliki kesamaan dengan Banyorang yang memiliki cuaca sejuk. Hal itu merupakan potensi untuk agrowisata. Kelurahan Banyorang yang terletak di Kecamatan Tompobulu, akan digabung dengan Kecamatan Uluere. “Banyorang akan dijadikan ibu kota dan pusat pemerintahan, sementara Uluere memiliki potensi kebun wisata, keduanya saling melengkapi,” ujar Nurdin Abdullah.
Bupati Bantaeng dua periode tersebut mengklaim Bantaeng akan mampu menyaingi Kota Batu, sebab daerah pegunungan Bantaeng akan menjadi kota baru dengan potensi ekonomi cukup besar.
“Wilayah Banyorang akan memiliki pembangkit listrik tenaga hidro, itu merupakan keseriusan kami menjadikan daerah ini sebagai ibu kota,”? ujarnya.
Masih lanjut Nurdin, jika wacana itu terwujud maka seluruh kantor pemerintahan akan direlokasi secara bertahap. Pihaknya mengklaim sudah siap naik status. Saat ini akan diajukan ke DPRD dan Gubernur Sulsel.
“Hampir semua tamu dari pusat yang datang ke Bantaeng mengatakan daerah ini sudah layak naik status, jumlah penduduknya sebanyak 250 ribu jiwa. Itu sudah memenuhi syarat,” ujarnya.
Sementara Wakil Bupati Bantaeng, H M Yasin, mengamini rencana Bupati Bantaeng tersebut. Menurutnya, kota Bantaeng saat ini sudah sesak. “Itu perencanaan ke depan, Bantaeng sudah layak naik status jadi kota,” ujarnya.
Mantan Sekkab Bantaeng tersebut menilai tiga kecamatan yang berada di pesisir pantai seperti Pa'jukukan, Bissappu dan Bantaeng akan jadi kawasan industri, sementara daerah pegunungan layak untuk ibu kota. Ini juga akan jadi pemerataan pembangunan, potensi pegunungan juga besar. Sehingga seluruh wilayah Bantaeng akan tergarap potensinya,” katanya Yasin. (F.566) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment