Thursday, March 5, 2015

BALANGAN BUMI SANGGAM : Pemkab Balangan Fokus Meningkatkan IPM

Peningkatan kualitas manusia merupakan tujuan utama pembangunan, sementara pembangunan infrastruktur dan beragam langkah operasional lainnya hanyalah alat, bukan tujuan. Membangun manusia dan masyarakat menjadi strategi peningkatan kesejahteraan, kemakmuran dan produktivitas 
dengan mencegah melebarnya ketimpangan.”

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Balangan di bawah duet kepemimpinan selama dua periode – Bupati Sefek Effendie dan Wakil Bupati Ansharuddin - beberapa tahun terakhir ini terus berupaya dan berusaha memfokuskan pembangunan di wilayahnya untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) warganya.
Di Kabupaten Balangan, di tengah persaingan dalam mencari lahan pekerjaan serta perekonomian, terlihat angka Indeks Pembangunan Manusia masih rendah yaitu berkisar pada angka 67.71 meningkat menjadi 68.30, sehingga membuat Pemkab Balangan harus mengambil langkah cepat dan tepat untuk meningkatkan IPM Kabupaten Balangan yang berjuluk Bumi Sanggam menjadi naik. Tetapi dalam mengejar target angka-angka, peningkatan kualitas dalam semua hal tetap harus diprioritaskan.
Seperti yang dikatakan Akhriani, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Balangan, bahwa beberapa tahun terakhir Pemkab Balangan terus melakukan berbagai upaya untuk menaikkan angka IPM, di antaranya dengan membenahi beberapa faktor penunjang kenaikan IPM tersebut. Dan berdasarkan data yang ditemukan, meskipun tidak begitu signifikan, angka Indeks Pembangunan Manusia di Balangan yang sebelumnya hanya berkisar pada angka 67,71 meningkat menjadi 68.30.
Naiknya Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten Balangan meskipun tidak signifikan, namun ada beberapa indikator yang menunjang kenaikan angka IPM tersebut, di antaranya dari bidang kesehatan, pendidikan dan ekonomi kerakyatan yang merupakan beberapa kunci untuk meningkatkan IPM di Kabupaten Balangan.
Akhriani, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah
(Bappeda) Kabupaten Balangan
 
Faktor penunjang dari bidang kesehatan yaitu seperti menurunnya Angka Kematian Bayi (AKB) dan Angka Kematian Ibu (AKI) serta Angka Harapan Hidup (AHH). Kemudian peningkatan ekonomi kerakyatan melalui koperasi, usaha mikro kecil dan menengah, pertanian, perkebunan dan lain-lain. Sedangkan dari pendidikan faktor penunjangnya yaitu meningkatnya angka lama sekolah, partisipasi sekolah dan melek huruf atau bebas buta huruf.
Di Kabupaten Balangan masalah kawin muda merupakan salah satu faktor yang menyebabkan meningkatnya angka putus sekolah, yang hingga kini masih menghantui dunia pendidikan di Balangan.
Angka Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten Balangan belum bisa meningkat lebih banyak, disebabkan beberapa program pada faktor penunjangnya juga belum berhasil sepenuhnya.
Seperti yang ditegaskan oleh Kepala Bappeda Balangan, Akhriani, bahwa Indeks Pembangunan Manusia akan naik apabila faktor penunjangnya juga naik, dan angka 68,30 yang sudah dicapai itu masih akan ditingkatkan lagi.
Naiknya angka yang sudah dicapai dan terus ditingkatkan, tentunya akan dapat dicapai namun harus didukung oleh semua elemen masyarakat dan seluruh SKPD yang ada di Pemerintah Kabupaten Balangan. (Tim) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment