Monday, July 13, 2015

ANEKA BERITA - ACEH UTARA : Pelatihan Kepemimpinan Di SMAN 3 Putra Bangsa Lhoksukon

Anwar Puteh SE MM ketika menyampaikan materi kepada para peserta pelatihan
PELATIHAN Kemimpinan dan Manajemen Organisasi Siswa (OSIS) SMU/MA yang  berlangsung d ruang pertemuan aula gedung SMAN 3 Putra Bangsa Lhoksukon, Aceh Utara, Rabu dan Kamis (6 dan 7 Mei 2015) bertujuan untuk menumbuhkembangkan jiwa kepemimpinan, berkarakter, dan berdaya saing. Pelatihan diikuti sekitar 60-an siswa/siswi SMU/MA.
Dalam pelatihan, Suharni Khairani MPd, Kepala SMAN 3 Putra Bangsa, memberikan materi Karakter Kepemimpinan Pemuda Indonesia. Muchlisuddin Ilyas MPd dengan materinya Pemuda Aceh Dalam Menghadapi MEA. Musriadi MPd menyampaikan materi Manajemen Organisasi Siswa. Munawar SPdI MPd, Direktur Aceh Peduli Pendidikan, menyampaikan materti Implementasi Sistem Informasi Dalam Manajemen Organisasi Siswa. Sedangkan Drs M Rizwan MPd bertindak sebagai fasilitator.  
Jiwa kepemimpinan yang juga disebut dengan leadership adalah suatu sifat yang dianugerahkan Tuhan kepada manusia dan tidak sumua manusia memiliki sifat seperti ini. Yaitu sifat seseorang yang dapat mengendalikan atau mengatur seseorang atau sekelompok orang lainnya dalam sebuah organisasi, seperti sekolah, tempat kerja, keluarga dan lain sebagainya. Leadership adalah bagian dari sofskill, yang arti dari sofskill itu sendiri adalah kemampuan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain yang juga disebut Interpersonal Skill dan kemampuan dalam mengatur/mengendalikan dirinya sendiri.
Jalaluddin SPd MPd, Ketua Umum Yayasan Solidaritas Anak Negeri Darussalam, mengatakan, pelatihan ini diisi dengan materi-materi yang menarik oleh beberapa nara sumber baik lokal maupun nasional. Antara lain Anwar Puteh SE MM, Ketua KNPI Aceh Utara, dengan menyampaikan materi dasar kepemimpinan dengan serba lengkap dan jelas.
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Aceh Utara diwakili oleh Saifullah MPd dalam sambutannya mengatakan, pihaknya menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan oleh Yayasan Solidaritas Anak Negeri Darussalam (YSANIDA) ini. Pelatihan ini akan menumbuhkan jiwa kepemimpinan yang mempunyai karakter dan berdaya saing, sehingga akan terbentuk sebuah komitmen yang sangat kuat dalam merobah sikap ke arah yang lebih baik, yang diistilahkan dengan revolusi mental. Hal itu benar-benar dapat terwujud pada manusia sekarang ini.
Kepala Kementerian Agama Aceh Utara, Jamaluddin SAg, yang juga memberi sambutan mengatakan, semoga dengan pelatihan ini dapat menambah wawasan dan pengalaman dalam menjalankan roda organisasi kesiswaan yang ada di tempat-tempat  siswa berdomisili. “Supaya nantinya dapat menjalankan kepemimpinan yang berkarakter, profesional dan berdaya saing dengan mengedepankan nilai-nilai spiritual keagamaan yang tidak melenceng dari budaya bangsa”.

Azwir Pasee SPd selaku Ketua Panitia Pelaksana dari Yayasan Solidaritas Anak Negeri Darussalam Propinsi Aceh yang bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga RI menggelar acara Pelatihan Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi di lingkungan Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah se-Kabupaten Aceh Utara ini memiliki tujuan bahwa kepemimpinan sangat perlu diintegrasikan pada usia muda. Mengingat pada usia muda ini merupakan masa-masa emas, di mana seluruh kemampuan mereka benar-benar dapat digali dan dikembangkan, sehingga ke depan ketika mereka menggantikan para pemimpin daerah, pemimpin bangsa dan negara, benar-benar sudah mempersiapkan diri dengan jiwa kepemimpinan yang mempunyai karakter dan daya saing guna untuk lebih mempercepat lajunya perekonomian maupun merobah sistem yang dianggap perlu untuk penerapan manajemen yang lebih baik bagi masyarakat di seluruh Indonesia. (F.434) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment