Tuesday, July 14, 2015

BALANGAN BUMI SANGGAM

Balangan Pertahankan Predikat WTP

Bupati Balangan, H Sefek Effendie (paling kiri) saat menerima
penghargaan WTP dari BPK RI
OPINI Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atau Unqualified Opinion yang artinya Laporan Keuangan (LK) telah disajikan secara wajar dalam semua hal yang material, posisi keuangan (neraca), hasil usaha atau Laporan Realisasi Anggaran (LRA), Laporan Arus Kas, sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum. Penjelasan laporan keuangan juga telah disajikan secara memadai, informatif dan tidak menimbulkan penafsiran yang menyesatkan. Sedangkan istilah Wajar dimaksudkan bahwa Laporan Keuangan bebas dari keraguan dan ketidakjujuran serta lengkap informasinya. Pengertian Wajar tidak hanya terbatas pada jumlah-jumlah dan ketepatan pengklasifikasian aktiva dan kewajiban, namun yang terpenting meliputi pengungkapan yang tercantum dalam Laporan Keuangan.
Kewajaran dalam suatu laporan keuangan tergantung dari kesepakatan target program dan kriteria yang telah ditentukan secara bersama-sama. Kriteria tersebut antara lain memenuhi standar akuntansi pemerintah, dan tidak menyesatkan seperti ada laporan yang jujur, tidak ada yang disembunyikan, angka yang disajikan wajar dan mengacu standar yang sudah ditentukan.
Opini WTP merupakan opini audit yang akan diterbitkan jika laporan keuangan dianggap memberikan informasi yang bebas dari salah saji material. Jika laporan keuangan diberikan opini jenis ini, artinya auditor meyakini berdasarkan bukti-bukti audit yang dikumpulkan, penyelenggara pemerintahan dianggap telah menyelenggarakan prinsip akuntansi yang berlaku umum dengan baik, dan kalaupun ada kesalahan, kesalahannya dianggap tidak material dan tidak berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan.
Demikian pula dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan berhasil mempertahankan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2014 dari Badan Pemeriksa Keuangan RI (BPK RI) setelah sebelumnya pada tahun 2013 juga meraih predikat serupa.
Kepala BPK RI Perwakilan Kalimantan Selatan, Drs Yuliandra Tri Kusumo Nugroho, menyerahkan secara langsung penghargaan WTP kepada Bupati Balangan, H Sefek Effendie, pada acara penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI atas LKPD Tahun 2014 kepada Pemkab Balangan yang berlangsung di Gedung II Lt 4 Kantor BPK RI Perwakilan Kalimantan Selatan, Kamis (28/5).
Hadir pada acara ini Wakil Ketua DPRD Kabupaten Balangan, Noor Iswan, Inspektur Kabupaten Balangan, Murjani Fauzi SH MSi, Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Balangan, Drs H Zulkifli, anggota Tim Pemeriksa LKPD Kabupaten Balangan dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Balangan.
Penyerahan LHP atas LKPD Tahun Anggaran 2014 diawali dengan Penandatanganan Berita Acara Serah Terima LHP yang dilakukan oleh Bupati Balangan, H Sefek Effendie, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Balangan, Noor Iswan, dengan disaksikan Kepala BPK RI Perwakilan Kalimantan Selatan.
Bupati Balangan, H Sefek Effendie, menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang ikut berperan hingga tercapainya opini WTP ini. Capaian predikat WTP tersebut ditambahkan oleh bupati adalah proses panjang penataan administrasi dan manajemen pembangunan daerah di Kabupaten Balangan. “Ini menunjukkan upaya keras kita semua dalam meningkatkan tata kelola keuangan daerah untuk menjadi lebih baik. Saya juga meminta kepada seluruh jajaran Pemkab Balangan agar predikat ini tidak membuat kita harus berbangga diri, namun menjadi pendorong dan semangat untuk berbuat yang lebih baik di tahun-tahun berikutnya,” tegas bupati.
Bupati Sefek Effendie menambahkan bahwa diraihnya Opini WTP mempunyai arti yang sangat dalam. “Di penghujung kepemimpinan saya, opini wajar tanpa pengecualian atas hasil pemeriksaan laporan keuangan tahun anggaran 2014 oleh BPK RI bisa kita pertahankan," kata Bupati Balangan dua periode tersebut.
Drs Yuliandra Tri Kusumo Nugroho selaku Kepala BPK Perwakilan Kalimantan Selatan juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Bupati Balangan, H Sefek Effendie, atas upaya untuk terus melakukan perbaikan manajemen pengelolaan keuangan sehingga Kabupaten Balangan kembali berhasil meraih Opini WTP. “Dicapainya kembali opini yang baik ini merupakan bukti bahwa Pemkab Balangan telah berhasil membangun tata kelola keuangan yang baik pula. Kami berharap Pemkab Balangan terus mempertahankan predikat WTP ini pada tahun-tahun selanjutnya,” harapnya. (Tim) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment