Sunday, July 19, 2015

DELTA RAYA : Jelang Pilkada, PKB Sidoarjo Pecah

JELANG Pilkada Desember 2015, PKB terpecah. Ketua PAC non dewan berbekal surat pernyataan 27 kiai yang berharap dilanjutkannya pasangan Saiful-Cipto (SUCI) jilid II, membuat pernyataan sikap dukungan secara terbuka. Realita ini memicu pro-kontra di tubuh PKB untuk melanjutkan pasangan cabup incumbent, Saiful Ilah-MG Hadi Sutjipto atau sebaliknya menduetkan Abah Ipul dengan kader muda yang tidak terbendung lagi.
Ketua PAC PKB Krian, Achmad Rifai, menjelaskan, para kiai yang mendukung dilanjutkannya SUCI jilid II. "Bagi kami Saiful Ilah itu abah, sedangkan kiai ini adalah embah kami. Jadi harus nurut," ujarnya, Selasa (23/6).
Para kiai yang mendukung SUCI jilid ll, tidak asing bagi masyarakat karena termasuk para kiai yang aktif dalam keorganisasian NU. Salah satu kiai yang secara terbuka pernah menyatakan dukungan kepada SUCI jilid II adalah Ketua Rois Syuriah NU Kabupaten Sidoarjo, K H Rofik Sirodj (Gus Rofiq) dari Jabon.

Seperti pernah diberitakan, beberapa kalangan NU Sidoarjo pernah menyatakan sikap penolakan untuk melanjutkan paket SUCI II yang diberangkatkan PKB ke arena Pilkada Desember 2015. Mereka meminta PKB menduetkan Abah Ipul dengan kader muda, disebut-sebut Nur Achmad Syaifudin. Dengan adanya perbedaan ini, kini di tubuh PKB Sidoarjo terjadi konflik yang menjurus ke perpecahan. (F.551) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment