Thursday, July 9, 2015

LINTAS NGAWI : RAKERKES KABUPATEN NGAWI TAHUN 2015 CANANGKAN 24 PUSKESMAS BERSTATUS BLUD


PADA tanggal 18 Januari 2015 bertempat di Aula Duta, Bupati Ngawi, Ir H Budi Sulistyono, dalam Rapat Kerja Kesehatan (Rakerkes) Kabupaten Ngawi mencanangkan 24 Puskesmas berstatus BLUD. Pada 1 April 2015, Puskesmas yang sudah menyandang BLUD dengan status penuh yang sudah disetujui Bupati ada 6 Puskesmas, yaitu Karangjati, Padas, Geneng, Kwadungan, Ngrambe dan Mantingan. Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) adalah SKPD di lingkungan pemerintah daerah di Indonesia yang dibentuk untuk memberikan layanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang/jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan, dan dalam melakukan kegiatannya didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktivitas.
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Ngawi, dr Pudji Rusdiarto Adi, menjelaskan, suatu satuan kerja instansi pemerintah dapat diizinkan mengelola keuangan dengan PPK BLUD apabila memenuhi persyaratan substantif, teknis dan administratif. Implikasi positif langsung dalam penerapan BLUD antara lain berupa meningkatnya pelayanan publik, berkurangnya beban APBD karena APBD berfokus pada pelayanan publik, meningkatnya kepercayaan masyarakat karena ada peningkatan mutu pelayanan dan meningkatnya ekonomi daerah.
Lebih lanjut dikatakan, pada pertengahan tahun 2015 akan dikembangkan lagi penambahan 6 Puskesmas BLUD baru dan tahun 2016 akan dikembangkan lagi 12 Puskesmas berstatus BLUD, sehingga 24 Puskesmas yang ada di Kabupaten Ngawi menyandang status BLUD.
Kadinkes Provinsi Jatim, dr Harsono, dalam sambutannya mengatakan, keuntungan yang langsung bisa dirasakan adanya Puskesmas BLUD, yaitu Puskesmas bisa lebih fleksibel dalam mengelola anggaran, dapat meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat, Puskesmas bisa merekrut karyawan non PNS sesuai tata aturan yang berlaku dan lebih leluasa melakukan inovasi dalam rangka peningkatan pelayanan. “Hendaknya masyarakat memanfaatkan  pelayanan Puskesmas dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan,” ungkapnya.
            Bupati Ngawi, Budi Sulistyono, mengharapkan dengan sinergi seluruh stake holder bidang kesehatan dan seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Ngawi mari kita tingkatkan derajat kesehatan setinggi-tingginya dalam rangka mewujudkan Ngawi Spektakuler. “Dan pada tahun 2015 saya canangkan 24 Puskesmas nantinya semua berstatus BLUD,” tegasnya. (F.968) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment