Tuesday, July 14, 2015

TANBU : Tanbu Sabet Indonesia Attractiveness Index Award

Bupati Tanbu, Mardani H Maming, saat menerima penghargaan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Yuddy Chrisnandi, di Hotel Mulia Senayan, Jakarta
KABUPATEN Tanah Bumbu (Tanbu), Kalimantan Selatan, berhasil meraih sebuah penghargaan Indonesia Attractiveness Index Award 2015. Hal tersebut menyusul adanya penelitian dan penilaian dari pihak Tempo Media Group, Penerbit Majalah Tempo, dan sebuah perusahaan riset di Indonesia, Frontier Consulting Group.
Penelitian yang dilakukan oleh perusahaan tersebut terkait daya tarik di level kabupaten/kota di seluruh Indonesia menyangkut iklim investasi, kondisi infrastruktur, layanan publik dan kondisi pariwisata daerah yang bersangkutan.
Setelah melalui proses yang begitu kompetitif dari survei dan tahap verifikasi, selanjutnya Kabupaten Bumi Bersujud dinyatakan berhasil menjadi salah satu daerah yang mendapat penghargaan tersebut. Demikian kata orang nomor 1 di Tanbu, Mardani H Maming, usai menerima penghargaan Indonesia Attractiveness Index Award 2015 secara langsung dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Yuddy Chrisnandi, di Hotel Mulia Senayan, Jakarta.
Mardani pun memaparkan, terpilihnya Kabupaten Tanbu sebagai salah satu peraih penghargaan Indonesia Attractiveness Index 2015 menunjukkan adanya potensi besar bagi pemerintah daerah untuk bisa menarik para investor dan pelaku bisnis demi memajukan perekonomian masyarakat. Selain itu diiringi juga dengan meningkatnya pembangunan infrastruktur mulai dari wilayah pedesaan hingga perkotaan. “Memang, tidaklah sedikit potensi usaha di Tanah Bumbu yang bisa dikembangkan oleh para pelaku usaha dan investor. Misalnya di sektor pertanian dan perkebunan”.
Masih menurut Mardani, membaiknya infrastruktur jalan desa dan kecamatan yang selama ini sudah dibangun oleh pemerintah daerah sangat berpengaruh dan tidak menutup kemungkinan turut menambah semangat petani untuk membuka lahan baru. Karena akses penjualan hasil panen mereka ke wilayah perkotaan atau perusahaan lain semakin mudah dilakukan.
Potensi usaha lainnya yang saat ini juga naik daun sebagai imbas dari roda pembangunan infrastruktur di Kabupaten Tanbu adalah usaha properti atau pembangunan rumah tinggal. Usaha ini diyakini mampu berdampak terhadap meningkatnya sektor usaha lain seiring bertambahnya kebutuhan masyarakat akan tempat tinggal dan populasinya meningkat.

Sementara pada sektor pariwisata, pemerintah daerah pun berupaya untuk terus meningkatkan pembangunan obyek-obyek wisata yang selama ini banyak dikunjungi oleh masyarakat lokal, nasional dan manca negara. Seperti obyek wisata pantai di Kabupaten Tanbu yaitu Pantai Angsana dan Pantai Rindu Alam yang dianggap sebagai salah satu peluang besar bagi para pelaku usaha atau investor untuk dikembangkan. (F.611) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment