Sunday, July 12, 2015

UNTAIAN PERISTIWA - SURABAYA : Jelang Ramadhan, Pemkot Surabaya Siap Suplai Kebutuhan Daging

Walikota Surabaya, Tri Rismaharini (kiri), saat berbicara di Rakorwil Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Jawa Timur 2015
di Hotel Pullman, Surabaya, Kamis (21/5) 
KENAIKAN harga barang kebutuhan pokok kerap kali terjadi jelang bulan puasa Ramadhan. Itu seperti sebuah siklus yang berulang setiap tahunnya. Karenanya, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melakukan upaya antisipasi. 
Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, mengatakan, untuk menyambut bulan Ramadhan dan Lebaran tahun 2015 ini, dirinya telah menginstruksikan Rumah Potong Hewan (RPH) Pegirian Surabaya untuk bekerja sama dengan peternak sapi di daerah. Harapannya, kerja sama tersebut nantinya bisa memenuhi kebutuhan warga Surabaya pada daging sapi.
“RPH sudah saya minta bekerja sama dengan peternak daerah lain untuk investasi sapi. Itu sudah kita lakukan mulai Februari lalu. Kita berharap manfaatnya bisa menyuplai kebutuhan daging pada bulan puasa Ramadhan dan Lebaran nanti,” tegas Bu Risma, panggilan akrab Walikota Surabaya, sesuai acara Rakorwil Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Jawa Timur 2015 di Hotel Pullman, Surabaya, Kamis (21/5).
Sebelumnya, walikota yang tampil sebagai pembicara diskusi dengan mengusung tema “Strategi Pemda Mengamankan Pasokan Pangan Strategis dan Mengelola Tata Niaga Yang Efisien”, berbicara banyak hal tentang upaya yang dilakukan Pemkot Surabaya untuk menjaga harga-harga komoditi utama di pasaran tetap stabil ketika bulan Ramadhan. Di antaranya dengan menggelar operasi pasar dan juga pasar murah di mana Pemkot Surabaya melakukan survei di daerah atau kelurahan mana yang membutuhkan pasar sembako murah.
“Begitu harga naik, kita langsung bikin pasar murah di kelurahan-kelurahan. Barang yang dijual ada kebutuhan pokok seperti beras, telor, dan minyak goreng. Kita sudah biasa melakukan ini sehingga harga kebutuhan utama relatif terkontrol,” sambung walikota.
Selain itu, Pemkot Surabaya juga mendorong warganya untuk memanfaatkan lahan pekarangan guna menanam sayuran melalui cara urban farming. Sehingga, warga tidak perlu berbelanja sayur-sayuran karena tinggal memanen di halaman rumahnya. “Kita gerakkan warga menanam sayur. Itu bukan hanya untuk konsumsi tetapi juga bisa mengendalikan kebutuhan sayur. Jangan dipikir Surabaya nggak ada pertaniannya. Kita produsen cabe, juga ada semangka Bangkingan. Warga juga budidaya perikanan dan memproduksi garam,”  jelas walikota yang masuk 50 besar tokoh berpengaruh dunia versi Majalah Fortune ini.
Upaya Pemkot Surabaya untuk mengendalikan kenaikan harga bahan-bahan pokok penting dilakukan. Pasalnya, naiknya harga bahan kebutuhan pokok, bisa menyebabkan inflasi yang tinggi. Terkait inflasi, walikota dalam paparannya menjelaskan bahwa inflasi di Surabaya cukup tinggi dibandingkan kota-kota lain dikarenakan adanya “hal-hal di luar pemkot” seperti kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) atau lonjakan harga tiket pesawat di Bandara Juanda.
“Kalau untuk pangan, Surabaya ndak ada masalah. Kalau misalnya untuk cabe inflasi, ya itu kebangetan. Selama ini Surabaya nggak ada TPID karena masing-masing SKPD seperti Disperdagin dan Bagian Perekonomian sudah jalan sesuai dengan tupoksinya,” sambungnya.

Selain Walikota Risma, tokoh lain yang tampil sebagai pembicara yakni Bupati Bojonegoro, Suyoto, yang memaparkan tentang “peran pemda mempercepat pembangunan infrastruktur guna meningkatkan produksi pangan strategis dan kelancaran distribusi”. Juga Prof Ahmad Erani Yustika, Guru Besar Ilmu Ekonomi Kelembagaan di Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya, yang memaparkan tema “percepatan pembangunan infrastruktur dan pembenahan tata niaga, mendorong peningkatan produksi dan kelancaran distribusi”. (Rilis) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment