Sunday, July 26, 2015

WATAMPONE RAYA : Bupati Bantaeng Jabat Sekjen APKASI

BUPATI Bantaeng, Dr H M Nurdin Abdullah, terpilih menjadi Sekretaris Jenderal (Sekjen) Asosiasi Pemerintah Seluruh Kabupaten Indonesia (APKASI) periode 2015-2020. Nurdin terpilih melalui Musyawarah Nasional (Munas) APKASI di Jakarta. Nurdin Abdullah mendampingi Ketua Umum APKASI terpilih, Mardani Maming, Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Mardani Maming juga dikenal sebagai pengusaha batu bara asal Kalimantan yang memiliki jaringan cukup luas di pemerintahan pusat maupun swasta.
            Bupati Nurdin Abdullah berharap sebagai mitra pemerintah APKASI akan diarahkan untuk melakukan pemerataan bagi seluruh kabupaten di Indonesia. Menurutnya, kabupaten yang menonjol harus bersinergi dengan kabupaten tertinggal agar tercipta pemerataan pembangunan untuk mewujudkan Indonesia yang lebih maju dan lebih sejahtera.
            “Daerah jangan berjuang sendiri-sendiri tapi harus sinergi dan saling mensuplai kelebihan,” kata Nurdin Abdullah sambil mengaku dirinya bersama Ketua Umum APKASI terpilih akan berupaya melakukan penguatan ekonomi daerah dan ini harus diciptakan melalui komunikasi yang intens antardaerah
“Komunikasi itu harus dibentuk melalui perwakilan APKASI di setiap provinsi. Jadi tidak ada lagi daerah yang terbelakang, daerah yang punya sumber daya alam mensuplai ke daerah lain yang memiliki industri pengolahan,” jelasnya.
            Menurutnya, kemajuan industri di Bantaeng harus ditularkan kepada daerah lainnya agar menciptakan konektivitas pembangunan. Ia membeberkan Bantaeng yang memiliki kawasan industri bisa bekerja sama dengan penghasil sumber daya alam untuk dikelola di Bantaeng agar keuntungannya bisa dipasarkan bersama-sama. “Jika itu terbangun maka semua daerah pasti bisa maju. Jangan hanya Bantaeng yang membangun konektivitasnya antardaerah,” kata Bupati Nurdin Abdullah sambil menambahkan bahwa selama ini hal itu tidak terbangun lantaran jalan sendiri-sendiri.

            Begitu pula dengan pemerintah provinsi dan kabupaten terkesan tidak sinergi lantaran merasa ada kemajuan dan kelebihan sendiri. Hal itu, menurut Nurdin, membuat pembangunan tidak merata dan mengakibatkan beberapa kabupaten sulit maju. “Hanya ada daerah tertentu yang banyak pembangunannya karena provinsi itu tidak boleh lagi terjadi, ayo kita sama-sama maju,” ungkapnya. (F.566) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment