Sunday, July 26, 2015

WATAMPONE RAYA : Bupati Nurdin Resmikan Pendataan Keluarga

BUPATI Bantaeng, Dr H M Nurdin Abdullah, secara resmi mencanangkan pelaksanaan Pendataan Keluarga (PK) tahun 2015, Sabtu (2/5), di rumah jabatannya. Pada kesempatan itu Nurdin menjadi orang pertama yang didata di Bantaeng. Menurut Bupati Bantaeng dua periode itu, pendataan keluarga bertujuan untuk mengumpulkan data primer tentang data kependudukan, keluarga berencana, pembangunan keluarga dan data anggota keluarga.
            Pendataan dilakukan oleh BKKBN secara nasional serentak dimulai pada tanggal 1 hingga 31 Mei 2015 melalui kunjungan ke keluarga dari rumah ke rumah. “Untuk itu saya berharap kepada para camat, kepala desa, lurah dan seluruh masyarakat agar berpartisipasi secara aktif dalam pendataan ini demi suksesnya program nasional tersebut. Sebab melalui pendataan keluarga tahun 2015 ini dapat menjadi acuan dalam perencanaan pembangunan keluarga menuju Indonesia sejahtera,” ujar bupati.
            Sementara Kepala Badan KB dan Pemberdayaan Perempuan (KBPP) Bantaeng, Asruddin, mengatakan bahwa tujuan pendataan keluarga ini agar tersedianya data keluarga by name by address untuk digunakan dalam penetapan sasaran dan optimalisasi operasional program pembangunan KKBPK serta berbagai program pembangunan lainnya.

            Secara khusus, program ini bertujuan agar tersedianya database demografi keluarga menurut tahapan keluarga sejahtera serta database anggota keluarga di setiap tingkatan wilayah. Asruddin juga melaporkan tahapan dari pendataan keluarga ini sementara berlangsung pendataan keluarga dari rumah ke rumah yang berbasis RT dilaksanakan oleh 504 orang kader pendata, 67 orang supervisor, 67 orang manajer desa/kelurahan dan 8 orang manajer kecamatan dengan target seluruh keluarga yang ada di wilayah Kabupaten Bantaeng. (F.566) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment