Sunday, July 26, 2015

WATAMPONE RAYA : FPP Bantaeng Dilengkapi Cold Storage

FASILITAS Pelabuhan Perikanan (FPP) Bantaeng akan ditambah. Pabrik es dan ruang pendidikan (cold storage) akan dibangun di pelabuhan perikanan tipe C itu.
Bupati Bantaeng, DR Nurdin Abdullah, mengatakan jika pelabuhan dilengkapi pabrik es dan penyimpanan sementara, dapat menunjang tangkapan nelayan. “Dalam hal ini nelayan tidak akan kesulitan lagi untuk mendapatkan es yang selama ini mereka dapat es dari daerah tetangga,” kata Bupati Nurdin, Jumat (1/5).
Selain sarana penunjang pelabuhan, bupati juga akan menjadikan kawasan pelabuhan perikanan sebagai pusat kuliner hasil laut, jika pusat kuliner tersedia, hasil tangkapan nelayan bisa cepat terjual dan harganya lebih baik jika dijual secara langsung di pasar.
Jadi pelabuhan juga akan ramai dikunjungi dan bisa jadi wisata kuliner, kata Bupati Nurdin Abdullah.
Sebelumnya, nelayan asal Desa Pajukukan, Kecamatan Pajukukang, Bantaeng, Ismail, berharap ada bantuan kapal besar untuk nelayan Bantaeng agar bisa menangkap ikan lebih jauh dari perairan Bantaeng.
Kendala nelayan, tidak memiliki sarana penangkapan yang memadai sehingga hasil tangkapan tidak maksimal. “Kalau kami pakai kapal besar, bisa menangkap di laut dalam dan hasilnya akan lebih banyak,” katanya.

Dia juga meminta pembangunan pabrik es dipercepat agar kebutuhan es nelayan dapat terpenuhi, karena selama ini nelayan Bantaeng harus menyeberang ke Kabupaten Bulukumba jika membutuhkan es. (F.566) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment