Sunday, July 26, 2015

WATAMPONE RAYA : Pemkab Sinjai Gelar Bimbingan Teknis PKH

SEKRETARIS Kabupaten Sinjai, H A Taiyeb A Mappasere SH, membuka bimbingan teknis Program Keluarga Harapan (PKH) yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja, Sosial dan Transmigrasi Kabupaten Sinjai berlangsung di Aula Srikandi Sinjai, Kamis (30/4).
Sekkab Sinjai dalam sambutannya menyampaikan bahwa PKH dilaksanakan tak lain adalah dalam rangka percepatan penanggulangan kemiskinan. Sekaligus pengembangan kebijaksanaan di bidang perlindungan sosial sejak tahun 2007 dan cukup berhasil di beberapa negara yang dikenal dengan bantuan tunai bersyarat.
“PKH bukanlah kelanjutan dari Bantuan Langsung Tunai (BLT) tetapi merupakan salah satu strategi penanggulangan kemiskinan yang ditujukan kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) dengan persyaratan yang dikaitkan dengan upaya peningkatan SDM seperti pendidikan, kesehatan dan gizi,” jelasnya.
Berdasarkan data jumlah RTSM yang disiapkan TNP2K sebanyak 2.015 RTSM. Pada penyaluran tahap perdana triwulan keempat tahun 2014, jumlah keluarga sangat miskin yang mendapatkan bantuan sebanyak 1.286 KSM dengan alokasi dana bantuan sebesar Rp 489.285.000. Sementara pada tahap pertama tahun 2015 jumlah keluarga sangat miskin yang mendapatkan bantuan sebanyak 1.272 KSM dengan alokasi dana bantuan sebesar Rp 354.250.000.
Sekkab Sinjai, H A Taiyeb A Mappasere SH, mengharapkan Bimtek ini tidak hanya sebatas bertemu tetapi harus dapat melahirkan berbagai gagasan dan pemikiran serta memperluas wawasan sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dalam mengemban tugas pokok, peran dan fungsi sebagai pelayan masyarakat khususnya dalam penanganan permasalahan sosial.

Peserta Bimtek ini terdiri dari petugas fasdik dan faskes serta pendamping dan operator program keluarga harapan sebanyak 120 orang, nara sumber terdiri dari Drs Mardi dari Kementerian Sosial dan Drs Junaidi Zainal dari Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan. (F.566) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment