Monday, August 3, 2015

LINTAS ACEH : DAYAH BUSTANUSSA’ADAH GELAR LOMBA SANTRI

Tgk Zulfikar saat dakwah
di Dayah Bustanussa’adah
DALAM rangka memasuki bulan puasa Ramadhan 1436 Hijriah, Sabtu malam (13/6), Dayah Bustanussa’adah Gampong Glok Aron, Kecamatan Syamtalira “A”, Kabupaten Aceh Utara, mengadakan dakwah Islamiyah yang pendakwahnya adalah Tgk Zulfikar dari Kabupaten Pidie.
Abi Gani, Pimpinan Dayah Bustanussa’adah, mewakilkan penyampaian kata sambutannya kepada Tgk Lahmuddin, guru pengajian pada dayah tersebut. Dalam sambutannya, Tgk Lahmuddin mengajak masyarakat sekitar untuk bersedia mengantarkan anak-anak mereka ke Dayah Bustanussa’adah agar diajarkan ilmu agama yang sesuai menurut ajaran Islam yang bertarafkan Ahlussunnah Waljama’ah. Dayah Bustanussa’adah membuka pendaftaran baru tahun pelajaran 2015 – 2016. Mereka boleh tinggal di bilik pondok dayah dan boleh tinggal di rumah sendiri bagi santri yang rumahnya berdekatan dengan dayah.
Dayah Pesantren Bustanussa’adah Gampong Glok Aron mengajarkan anak-anak untuk pintar membaca Al-Qur’an, mengajari pembacaan berbagai kitab pendidikan ilmu tauhid dan ilmu tasawuf, serta pembacaan kitab kuning. Pengajaran ilmu agama menyangkut kegiatan peribadatan sehari-hari praktis dilatih setiap waktu di Dayah Pesantren Bustanussa’adah. 
Malam itu Dayah Bustanussa’adah selain mengadakan dakwah juga membagi-bagikan hadiah kepada para pemenang lomba musabaqah, lomba cerdas cermat bermaterikan agama Islam, lomba baca ayat-ayat surat pendek, lomba adzan, lomba baca kitab kuning dan lain sebagainya.
Tgk Saiful, Ketua Panitia Pelaksana Dakwah, melaporkan bahwa biaya pelaksanaan lomba dan dakwah diperolehnya antara lain dari masyarakat sekitar dayah. Sumbangan dari masyarakat Gampong Glok Aron Rp 7.000, dari Gampong Me Aron Rp 811.000, dari Gampong Nibong Baroh Rp 1 juta, dari Gampong Dayah Aron Rp 905.000, dari Gampong Meuria Aron Rp 1.184.000, dari para donatur lainnya Rp 2 juta, dari DPRK Aceh Utara Rp 2 juta, dari hamba Allah Rp 500.000, dan dari Camat Syamtalira Aron Rp 300.000. Dengan dana tersebut dan ditambah dari pimpinan dayah, maka terlaksanalah kegiatan lomba para santri dan penyelenggaraan dakwah, serta untuk penyediaan piala bagi para pemenang lomba.
Abi Gani, Pimpinan Dayah Bustanussa’adah,
ketika menyerahkan piala kepada pemenang lomba
Ustazd Tgk Zulfikar dari Pidei dalam dakwahnya meriwayatkan tentang tibanya bulan suci Ramadhan, supaya kaum muslimin dan muslimah memperbanyak amal ibadah, karena Allah akan menggandakan pahala peribadatan hingga 700 kali lipat pada bulan Ramadhan. “Betapa besarnya hikmah shalat Tarawih di bulan Ramadhan. Maka jangan sampai absen dengan melaksanakan Tarawih,” pesan Tgk Zulfikar.

Di bulan Ramdhan, Allah SWT menurunkan Al-Qur’an. Pun dalam bulan Ramadhan adanya malam Qadar yang biasa disebut Lailatul Qadar dan siapa saja yang berbuat amal sholeh pada malam Qadar, Allah akan memberikan imbalan surga di kemudian hari. Selain itu Ustazd Tgk Zulfikar mengingatkan para remaja untuk menuntut ilmu agama Islam yang tinggi dan benar agar nantinya bisa menjadi ulama. Karena titel ulama adalah titel yang paling tepat untuk kita sandang, mumpung ulama tidak ada yang pensiun. Titel ulama tidak seperti titel Camat, Bupati, Gubernur dan Presiden. Ulama mempunya gaji yang tidak dibayar oleh instansi khusus tetapi gaji ulama datang sendiri dari tangan-tangan hamba Allah yang sadar dan taat akan Qadha dan Qadar-Nya dan gaji para ulama akan berlanjut secara terus-menerus, tidak ada istilah pensiun. (F.434) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment