Monday, August 3, 2015

LINTAS ACEH : KETIKA ABUYA DJAMALUDDIN WALY KUNJUNGI DAYAH SUBULUSSALAM

Abuya Drs Tgk H Djamaluddin Waly
bersama isteri
DALAM rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1436 Hijriah, Minggu malam (7/6), Almursyid Abuya Drs Tgk H Djamaluddin Waly (Pimpinan Zikir Al-Waliyyah Aceh) berkunjung ke Dayah SUBULUSSALAM Ceubrek, Kecamatan Syamtalira Aron, Kabupaten Aceh Utara. Kedatangan Abuya Djamaluddin Waly ke dayah tersebut bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke-20 Dayah SUBULUSSALAM Ceubrek. Demikian kata Tgk H Jamaluddin Rasyid (Abu Jamal), Pimpinan Dayah Subulussalam Ceubrek.
Kunjungan Abuya beserta Ummi Hj Salwati Binti Hasan dan rombongan dari Aceh Besar disambut masyarakat setempat dengan penuh antusias. H Muhammad Thaib, Bupati Aceh Utara, beserta para alim-ulama mendampingi Abuya Djamaluddin Waly dengan penuh keakraban sejak awal hingga akhir kunjungannya. Para alumni Dayah DARUSSALAM Labuhan Haji Aceh Selatan yang berdomisili di Aceh Utara, Kota Lhokseumawe, Aceh Timur, dan sekitarnya turut serta berzikir bersama Abuya Djamaluddin Waly di Dayah Subulussalam Ceubrek, Minggu malam itu. Termasuk di antaranya Tgk Abdul Gani Rasyid yang lazim disebut Abi Gani, Pimpinan Dayah Bustanussa’adah Gampong Glok Aron yang juga alumni Dayah Darussalam Labuhan Haji, menjadi pendamping utama Almursyid Abuya Drs Tgk H Djamaluddin Waly malam itu.
Abu Jamal, Pimpinan Dayah Subulussalam Ceubrek, dalam sambutan singkatnya mengatakan, di era HUT-nya ke-20 Dayah Subulussalam kita tingkatkan pengajian di dayah ini, dengan menempatkan para remaja sebagai santriwan dan santriwati dayah.
H Muhammd Thaib, Bupati Aceh Utara, dalam sambutannya mengatakan, Almursyid Abuya Drs Tgk H Djamaluddin Waly telah tiba mengunjungi kita dengan membawa oleh-oleh berupa zikir dan tawajuk. “Saya selaku Bupati Aceh Utara menganjurkan kepada seluruh masyarakat untuk menghidupkan zikir di tengah-tengah kita, supaya kita mendapat berkah dari Allah SWT. Mari kita jemput ampunan dan rahmat Allah SWT dengan selalu berzikir dan berdoa memohon ampunan kepada-Nya,” kata Muhammad Thaib.
“Ramaikanlah masjid dan meunasah serta dayah dengan zikir dan samadiyah serta pengajian yang bermanfaat. Sekarang ini pemerintah telah memplotkan dana untuk kegiatan agama Islam dari Rp 10 milyar menjadi Rp 40 milyar. Maka buatlah untuk menggiatkan agama Islam dengan beribadah wajib dan sunnah dengan penuh keikhlasan, jangan bermalas-malasan,” pesan Bupati Aceh Utara.
Bupati H Muhammad Thaib lagi-lagi berpesan agar masyarakat Aceh Utara mengamalkan zikir dan tawajuk yang bertariqat Naksyabandiyyah dari Abuya Drs Tgk H Djamaluddin Waly yang sah dan berpredikat Ahlussunah Waljamaah. Kepada ibu-ibu peserta zikir yang bernama Halimah, Aminah dan Fatimah, Bupati Aceh Utara membagikan masing-masing sebuah buku Panduan Zikir dan Doa Bersama di bawah pimpinan Abuya Drs Tgk H Djamaluddin Waly.
Abuya Drs Tgk H Djamaluddin Waly, Pimpinan Zikir Al-Waliyyah Aceh, dalam sambutannya menginformasikan bahwa ia datang bersama ummi (isteri) dan beberapa peserta lainnya yang tergabung dalam tim. Kali ini merupakan yang ketiga kalinya ia memimpin zikir di Dayah Subulussalam Ceubrek, Syamtalira Aron, Aceh Utara.  
Abuya berpesan agar Dayah Subulussalam Ceubrek di bawah pimpinan Tgk H Jamaluddin Rasyid (Abu Jamal) yang sudah berusia 20 tahun ini supaya benar-benar menjadi tumpuan dan harapan masyarakat. “Antarkan dan titipkan anak-anak kita baik lelaki maupun perempuan ke dayah ini untuk dibekali dengan ilmu agama mulai dari tingkat rendah sampai tinggi, yang bisa menjadi bekal untuk kesenangan hidup mereka di dunia maupun di akhirat.
Almursyid Abuya Drs Tgk H Djamaluddin Waly adalah Pimpinan Dayah ASSASUNNAJAAH AL-WALIYYAH, dengan alamat Jalan Bandara Iskandar Muda Km 8,5 Desa Ateuk Lueng Ie, Aceh Besar. Ia alumni Dayah Darussalam Labuhan Haji, Aceh Selatan, yang dipimpin almarhum Syaikhul Islam Al-Kaamil Al-Mukammil Al-Arif Billah Abuya Muhammad Waly Al-Khalidy (1917-1961). Setelah Syaikhul Abuya Muhammad Waly Al-Khalidy mangkat, maka Dayah Darussalam Labuhan Haji dipimpin oleh anaknya, Almursyid Abuya Prof Dr Tgk H Muhibbudin Wali, yang sekarang sudah wafat. Kemudian Dayah Darussalam Labuhan Haji dipimpin oleh anak-anak dari Abuya Muhammad Waly Al-Khalidy, atau adik-adik dari Abuya Prof Dr Tgk H Muhibbudin Wali, yaitu Almursyid Abuya Drs Tgk H Djamaluddin Waly yang juga Pimpinan Dayah ASSAASUNNAJAAH AL-WALIYYAH Aceh Besar. Abuya Tgk H Amran Waly, Abuya Tgk H Mawardi Waly dan Abuya Tgk H Ruslam Waly.
Ayah kandung Al-Mursyid Abuya Drs Tgk H Djamaluddin Waly adalah almarhum Tgk Syekh H Muhammad Waly Al-Khalidy. Tempat dan tanggal lahirnya, Labuhan Haji, Aceh Selatan, 24 Agustus 1945. Alamat lengkapnya Jalan Perdamaian No.22 Kelurahan Laksana, Banda Aceh. Isterinya, Hj Salwati Hasan, adalah putri dari almarhum Tgk Syekh H Hasan Abadi. Sedangkan anak mereka ada 6 orang yaitu Wardiati, Wasliati, Wahyuniati, Wathari, Wailul Amri dan Wirda.
Riwayat pendidikan Abuya, antara lain Sekolah Rakyat Negeri (SRN) Labuhan Haji, pendidikan pesantren di Dayah Darussalam Labuhan Haji Aceh Selatan, kuliah di IAIN Ar-Raniry Banda Aceh, kuliah di Fakultas Hukum, dan kuliah di Akademi Bahasa Asing (ABA). Pekerjaan Abuya adalah Pimpinan Pesantren Dayah Darussalam Labuhan Haji Aceh Selatan (1967 – 1974), Anggota DPRD Propinsi Aceh (1968 – 1987), Anggota DPR/MPR RI (1987 – 1999), Anggota Tim Ahli Manasik Haji Departemen Agama RI (1991 – 2000), guru tetap Majelis Ta’lim Taman Iskandar Muda Matraman Jakarta (1988 – 1999), Penasehat Ikatan Keluarga Aceh Selatan Jakarta (1995 – 1999), Penasehat Ikatan Masyarakat Labuhan Haji Jakarta (1995 – 1999) dan Anggota Majelis Mufakat Taman Iskandar Muda Pusat Jakarta (1997 – 1999).
Pekerjaan Abuya sekarang adalah Pimpinan Majelis Zikir Al-Waliyyah Aceh, Dosen Dayah Manyang (Pesantren Tinggi) Masjid Raya Baiturahman Banda Aceh, Pimpinan Yayasan Pesantren Dayah Asaasunnajah, Jalan Bandara Sultan Iskandar Muda Km 8,5 Desa Ateuk Lueng Ie, Kecamatan Kota Baro, Kabupaten Aceh Besar, Pimpinan Yayasan Syaikhul Islam Tgk Muda Waly Al-Khalidy Darussalam Labuhan Haji Aceh Selatan, Pimpinan Yayasan Al-Jamaliyah Al-Waliyyah Aceh dan Anggota Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Nanggroe Aceh Darussalam.
Riwayat organisasi Abuya adalah Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PERTI (Persatuan Tarbiyah Islamiyah) Banda Aceh, PB Inshafuddin (organisasi pesantren), Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ittihadul Muballighin (organisasi ulama) dan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) masa Orde Baru. (F.434) web majalah fakta / majalah fakta online 

No comments:

Post a Comment