Friday, October 30, 2015

ADVETORIAL HSU

                       Berhasil Meningkatkan Pelayanan Kesehatan, 
                      HSU Terima Penghargaan JKN Award 2015

Bupati HSU, Drs H Abdul Wahid HK MM Msisaat menerima penghargaan 
JKN Award 2015 dari  Direktur Utama BPJS Kesehatan,DR dr Fachmi Idris MKes
KEMENTERIAN Kesehatan Indonesia melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memberikan penghargaaan kepada pemerintah daerah di Indonesia yang dinilai telah berhasil mengintegrasikan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda)-nya ke BPJS Kesehatan.
Di Provinsi Kalimantan Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) merupakan satu-satunya daerah yang dinilai sebagai kabupaten yang berhasil mengintegrasikan Jamkesda atau KSA (Kartu Sehat Amuntai) menjadi BPJS Kesehatan, sehingga berhak menerima penghargaan JKN Award 2015 dari BPJS Kesehatan Kemenkes RI.
Bupati HSU, Drs H Abdul Wahid HK MM MSi, bersama-sama 27 kepala daerah terpilih lainnya yang berhasil meraih penghargaan dari BPJS Kesehatan mendapat kehormatan menerima penghargaan secara langsung dari Direktur Utama BPJS Kesehatan, DR dr Fachmi Idris MKes, saat digelar acara yang bertajuk JKN Award 2015 di ruang Siwabessy lantai II Gedung Prof Sujudi Kementerian Kesehatan Jakarta.
Direktur Utama BPJS Kesehatan,DR dr Fachmi Idris MKes, mengatakan bahwa penghargaan ini diberikan kepada sejumlah pemerintah daerah yang telah mengintegrasikan Jamkesdanya ke BPJS Kesehatan sesuai dengan roadmap program jaminan nasional di bidang kesehatan. Integrasi Jamkesda ke BPJS Kesehatan harus selesai dalam waktu tiga tahun sejak mulai beroperasi 1 Januari 2014.
Menurut Fachmi Idris, terdapat 13 provinsi dan 270 kabupaten/kota yang telah melakukan integrasi ke BPJS Kesehatan. Hingga periode 28 Agustus 2015 terdapat 7,26% dari 150.753.391 jiwa peserta BPJS Kesehatan adalah peserta Jamkesda yang sudah terintegrasi ke BPJS Kesehatan.
Bupati HSU, H Abdul Wahid HK, menyatakan rasa syukur atas penghargaan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan tersebut serta menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan instansi terkait di Kabupaten HSU, termasuk lembaga legislatif dan yudikatif yang telah mendorong dan bekerja sama dengan baik sehingga diraihnya penghargaan tersebut.
“Penghargaan ini adalah milik seluruh komponen masyarakat HSU dan terpenting pelayanan masyarakat di bidang kesehatan akan semakin berkualitas. Masyarakat HSU pemegang kartu KSA yang telah terintegrasi dengan BPJS Kesehatan tidak hanya bisa berobat di Amuntai tapi sudah bisa berobat hingga ke Jakarta jika itu diperlukan,” ujar Wahid usai penyerahan JKN Award 2015.
Diraihnya penghargaan JKN Award 2015 menjadikan Bupati HSU, H Abdul Wahid HK, untuk tetap berkomitmen dan bertekad terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, dan sarana-prasarana kesehatan mulai dari tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten.
“Bidang kesehatan adalah salah satu visi dan misi prioritas saya ketika mencalonkan diri sebagai Bupati HSU pada tahun 2012. Karena itu penghargaan ini sebagai bukti keseriusan saya untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Kabupaten HSU,”,jelas Bupati HSU, H Abdul Wahid HK.
Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten HSU, drg Isnur Hatta, mengatakan bahwa di Kabupaten HSU sekarang jumlah peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) pusat berjumlah 68.034 jiwa dan PBI daerah sebanyak 12.218 jiwa. Mereka adalah masyarakat tidak mampu yang iuran kesehatannya dibayarkan oleh pemerintah daerah di mana nantinya seluruhnya akan menjadi PBI Pusat.
“Memang masih ada beberapa kendala yang ditemui di lapangan, seperti masih adanya penduduk kurang mampu yang tidak memiliki KTP yang harus segera diselesaikan oleh pemda dengan lintas sektoral, ujar Isnur Hatta saat mendampingi Bupati HSU.
Isnur Hatta juga menghimbau kepada masyarakat yang mampu di Kabupaten HSU untuk segera bergabung dengan BPJS Kesehatan secara mandiri di luar pekerja perusahaan, PNS,TNI/Polri yang keanggotaannya sudah secara otomatis terintegrasi dengan Askes, sehingga kualitas kesehatan masyarakat di Kabupaten HSU akan semakin meningkat.
Dalam penerimaan penghargaan tersebut, Bupati HSU, H Abdul Wahid HK, didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan HSU, drg Isnur Hatta, Kepala RSU Pambalah Batung Amuntai, dr Agus Fadliansyah, dan Kepala Bagian Humas Setda HSU, Adi Lesmana Ssos MSi. (Tim) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment