Thursday, October 15, 2015

LINTAS KARIMUN

KSOP Tanjung Balai Karimun Permudah Kegiatan Bongkar Muat Sembako

Chairul  Harahap
PADATNYA aktivitas bongkar muat di dua pelabuhan yang berada di Karimun, Kepri, membuat otoritas KSOP Tanjung Balai Karimun memberikan izin bagi kapal untuk melakukan pemuatan sagu yang akan dikirim ke Jakarta di alur lalu lintas perairan depan costal area.
Kasi Gamat KSOP Tanjung Balai Karimun, Chairul Harahap, saat ditemui Hendri dari FAKTA mengatakan, diberikannya izin pemuatan dari kapal pompong  ke kapal cargo yang memuat sagu di perairan tersebut dikarenakan dua pelabuhan yaitu Pelabuhaan Roro dan Pelabuhan Karimun sedang melakukan kegiatan aktivitas  bongkar muat. Jika menunggu selesainya bongkar muat  barang di dua pelabuhan tersebut, pasokan barang kebutuhan masyarakat ke daerah lain akan terganggu dan dikhawatirkan juga akan mengganggu aktivitas perdagangan usaha masyarakat. Dan, itu sifatnya emergency, karena barang yang akan dimuat dari kapal pompong ke kapal cargo adalah bahan baku sagu.
“Setiap kapal yang akan melakukan aktivitas kegiatan di perairan yang berada di wilayah KSOP Tanjung Balai Karimun, akan kita lakukan lebih dulu pengecekan pada setiap dokumen kapal yang ada. Diberikannya izin terhadap aktivitas bongkar muat sebuah kapal di depan costal  area di daerah lalu lintas alur perairan pelayaran itu untuk memberikan kemudahan bagi pasokan sembako pada masyarakat. Mengingat jangan terlalu lama kapal tersebut sandar untuk menunggu karena akan memuat  pasokan bahan baku sagu ke daerah lain dan terlebih asal sagu dari Karimun dan Selat Panjang, dan itu merupakan usaha masyarakat setempat,” ungkapnya. (F.942) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment