Friday, November 20, 2015

LINTAS ACEH

ACEH UTARA : KUD BUKIT MAKMUR SEMBELIH 6 SAPI QURBAN

Sandi (Ketua KUD Bulit Makmur) didampingi 2 pengurus lainnya
di lokasi penyembelihan sapi qurban
PENGURUS Koperasi Unit Desa (KUD) Bukit Makmur Gampong Alue Leuhob, Kecamatan Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara, pada Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1436 H atau 24 September 2015, bertempat di halaman Kantor KUD Bukit Makmur Jalan Fajar Jeumpa No.3 Gampong Alueu Leuhob, menyembelih 6 sapi qurban yang kemudian dagingnya dibagikan kepada fakir miskin dan petani kelapa sawit anggota KUD Bukit Makmur, baik anggota KUD Bukit Makmur yang ada di Gampong Alueu Leuhob maupun di luar Gampong Alue Leuhob.
Sandi, Kertua KUD Bukit Makmur, mengatakan, 6 sapi qurban yang disembelih itu berasal dari 42 orang pengurus inti KUD Bukit Makmur beserta Ketua Kelompok Tani (KKT). Menurut Sandi didampingi Sumaryanto, Sekretaris I KUD, dan seorang pengurus lainnya serta Pak Taman, mantan Ketua KUD beberapa waktu lalu, inisiatif berkurban Idul Adha yang melibatkan pengurus KUD Bukit Makmur, serta membagikan dagingnya kepada fakir miskin dan seluruh anggota KUD merupakan yang pertama kalinya diselenggarakan tahun ini atas kebijakan pengurus KUD Bukit Makmur periode 2014 – 2016. “Mudah-mudahan qurban semacam ini akan berlanjut secara terus-menerus pada tahun-tahun berikutnya,” sebut Sandi.
Syamsuddin, Geuchik Gampong Alueu Leuhob, membenarkan bahwa kegiatan qurban Idul Adha yang diselenggarakan pihak KUD Bukit Makmur tersebut baru pertama kali ini. Menurut Syamsuddin, masing-masing dusun yang ada dalam Gampong Alue Leuhob mendapatkan jatah seekor sapi qurban untuk disembelih dan dibagikan dagingnya kepada masyarakat yang berhak menerimanya. Antara lain 1 ekor sapi untuk masyarat Patok I Dusun Alue Jaya adalah sapi qurban dari KKT. Dan untuk masyarakat Patok II Dusun Alue Sentosa 1 ekor sapi qurban dari KKT dan untuk masyarakat Patok III Dusun Alue Sentosa 1 ekor sapi dari KKT, serta untuk masyarakat Patok 4 Dusun Mahdi Asri 1 ekor sapi qurban dari KKT.
Selain masing-masing dusun mendapatkan 1 ekor sapi qurban, masyarakat Patok I Dusun Alue Jaya dapat tambahan 1 ekor sapi qurban dari keluarga almarhum Pak Mukhtar Husaini. Sedangkan masyarakat Patok III Dusun Alue Sentosa juga dapat tambahan 2 ekor sapi qurban masing-masing dari keluarga Bapak Sutarno dan dari keluarga Bapak Suyanto.
Maka, jumlah sapi qurban yang dikeluarkan KUD Bukit Makmur sebanyak 6 ekor dan sapi qurban dari masyarakat Gampong Alue Leuhob sebanyak 3 ekor. Sehingga jumlah sapi qurban yang disembelih di Gampong Alue Leuhob sebanyak 9 ekor. (F.434) web majalah fakta / majalah fakta online 

No comments:

Post a Comment