Sunday, November 22, 2015

LINTAS KARIMUN

Karimun Dilanda Krisis Air Bersih

DAMPAK kemarau panjang yang  terjadi dalam beberapa bulan belakangan hingga saat ini telah menbuat krisis air bersih kian panjang. Ini terlihat dari kondisi air di sumur-sumur milik warga yang mengalami kekeringan.
              Selain keringnya air di dalam sumur warga, kemarau panjang juga telah mengakibatkan penyusutan cadangan air bersih pada satu-satunya  waduk tempat penampungan air di Unit Air Bersih milik Perusda Karimun yang berlokasi di Jl Sei Bati, Kecamatan Tebing. Debit air di waduk itu mengalami penyusutan cukup drastis dan permukaan dasar tanah waduk yang kian terlihat.
              Krisis air bersih juga terjadi pada waduk milik unit air bersih PT Sinar Suman Supryanto yang berada di daerah Perumahan TMK Sei Raya. Cadangan air yang menipis terlihat dari air waduk yang cukup minim. “Dengan kondisi cadangan air yang seperti itu jelas sangat sulit untuk beraktivitas normal,” ujar Andi, warga Kecamatan Meral.
              Keluhan krisis air bersih juga disampaikan Harisna Murni kepada Hendri dari FAKTA, Rabu (16/9). Menurut warga Perumahan TMK Sei Raya ini, dalam 3 pekan belakangan ini warga sangat kesulitan mendapatkan pasokan air bersih. Meskipun  sudah dilakukan jadwal bergilir, kerap teraliri hanya beberapa jam saja. Namun setiap jadwal teraliri ke rumah, cuma mendapatkan satu ember saja. Hingga untuk memenuhi kebutuhaan air bersih, beberapa warga sekitar perumahan terpaksa mengandalkan mobil tangki air keliling yang masuk ke Perumahan TMK Sei Raya dengan harga per drum Rp 10 ribu.
              Ketua LSM Air Lingkungan Manusia (ALIM) Provinsi Kepri, Herjuli, mengatakan, sesuai amanat undang-undang mengenai kebutuhan dasar hidup setiap orang terhadap kebutuhan air bersih, menjadi tanggung jawab pemerintah memenuhi penyediaan air minum. “Karena itu setiap pemda harus memiliki RISPAM (Rencana Induk Sistem Air Minum). Dalam RISPAM itu mencakup semua SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) mulai dari unit air baku, produksi, distribusi dan pelayanan. RISPAM disusun oleh konsultan selanjutnya dilakukan konsultasi publik sehingga masyarakat bisa mengetahui apa langkah pemerintah daerahnya ke depan dalam mengatasi penyediaan air bersih,” ungkapnya. (F.942) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment