Monday, November 9, 2015

MADURA RAYA

Disbudparpora Nilai Kegiatan Karnaval Budaya 
Kwarcab Sumenep Jadi Kalender Tahunan 

Saat berlangsung Karnaval Budaya Kwarcab Pramuka Sumenep 2015
KEGIATAN Karnaval Budaya yang dilaksanakan setiap tahun oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sumenep, dan pada tahun 2015 ini merupakan pelaksanaan Karnaval Budaya yang ketiga kalinya, mendapat respon Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumenep, Sufiyanto SE MSi. 
Menurut mantan Kabag Humas Setdakab Sumenep ini, saat digelar Karnaval Budaya Kwarcab Sumenep pertama kali, pihaknya memang sudah menyarankan untuk dijadikan kalender tetap setiap tahun oleh Kwarcab Pramuka Sumenep dalam rangka HUT Pramuka. Karena itu, ketika saat ini ia sebagai Kepala Disbudparpora Sumenep tentunya akan semakin serius merespon kegiatan tersebut.
“Sebab, kegiatan Karnaval Budaya ini sangat memiliki potensi untuk dijual ke khalayak baik dalam maupun luar Sumenep,” ungkapnya.
Sehingga, keterlibatan pramuka dalam menjaga kelestarian nilai-nilai budaya sangat dominan dan patut dihargai. Bahkan, pihaknya juga berencana untuk mendukung dari sisi pendanaan dalam kegiatan Karnaval Budaya ini, dengan tetap pramuka sebagai penggagas kegiatan sebagai pelaksananya.
Sementara itu Ketua Kwarcab Pramuka Sumenep, Drs H Achmad Shadik, MSi, mengungkapkan, kegiatan Karnaval Budaya yang dilaksanakan tahun ini merupakan pelaksanaan ke-3 setelah 2 kali sukses melaksanakan kegiatan yang sama, dengan memperebutkan Piala Bupati Sumenep.
Pihaknya juga merespon positif inisiatif Disbudparpora Sumenep yang akan menggandeng Kwarcab Sumenep menjadikan kegiatan Karnaval Budaya sebagai kalender tahunan. Sebab, melalui  Karnaval Budaya Kwarcab Sumenep yang dilaksanakan tersebut diharapkan semakin menumbuhkan semangat dan kecintaan generasi bangsa terhadap budaya lokal yang dimiliki.
“Gerakan pramuka ini sebagai penyelenggara pendidikan kepanduan, serta merupakan bagian dari pendidikan nasional, akan mampu menumbuhkan semangat kecintaan generasi muda terhadap warisan budaya leluhur nenek-moyang sendiri,” tandas Shadik yang juga Kepala Dinas Pendidikan Sumenep ini.
Sementara itu dalam kegiatan Karnaval Budaya 2015 yang dibuka Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sumenep, Drs H Sustono MSi, pada Sabtu (12/9) menghasilkan para juara untuk tingkat SD/MI juara 1 diraih SDN Talango, juara II Kwarran Kalianget dan juara III SDI Ad-dzikir. Sedangkan di tingkat SMP/MTS, tembus sebagai juara I SMPN 2 Sumenep, juara II SMPN 6 Sumenep, juara III MTsN Tarate. Di tingkat SMA/SMK/MA, juara I SMAN 2 sumenep, juara II MA AL-Amien Tegal Parenduan, juara III SMA Nurul Huda. (AINUR) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment