Monday, November 9, 2015

MADURA RAYA

Tunjukkan Keahlian Dan Inovasi Melalui LKS 
Dan Jawara SMK Se-Kabupaten Sumenep

BUPATI Sumenep, Dr K H A Busyro Karim MSi, berharap melalui Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK  dan Jawara SMK Tingkat Kabupaten Sumenep 2015, akan menjadikan para siswa SMK di Kabupaten Sumenep semakin mumpuni dalam bidang keahlian masing-masing. Sehingga SMK akan banyak diminati oleh masyarakat, bahkan pemerintah pusat hingga daerah akan memperbanyak SMK agar generasi bangsa ini semakin banyak memiliki kader militan yang memiliki keahlian di berbagai bidang.
“Jadi, dengan lomba keterampilan ini diharapkan siswa bisa lebih berinovasi menunjukkan keahliannya di bidang keahlian masing-masing,” ungkap bupati saat pembukaan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK  dan Jawara SMK Tingkat Kabupaten Sumenep 2015 di Gedung Nasional Indonesia (GNI) Sumenep, Senin (14/09).
Karena itu, bupati sangat mendukung kegiatan LKS bagi siswa SMK tersebut, sehingga para siswa SMK khususnya dapat menunjukkan keahliannya di beberapa jenis lomba keterampilan yang memang disesuaikan dengan jurusan masing-masing SMK baik negeri maupun swasta.
Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Drs H Ach Sadik, MSi, menjelaskan, kegiatan LKS dan Jawara SMK diikuti sekitar seribu siswa SMK di Sumenep, sesuai jurusan keterampilan masing-masing. Misalnya, untuk siswa SMKN I Sumenep jenis lomba yang diikuti meliputi lomba keterampilan keahlian adminitrasi perkantoran, akuntansi,  pemasaran, rekayasa perangkat lunak.
Sedangkan untuk SMKN I Kalianget ikut jenis lomba keterampilan, RPL, teknologi penguasaan hasil pertanian, komputer jaringan, teknik kendaraan ringan, kontruksi kayu, gambar bangunan serta karya tulis ilmiah.
“Para siswa SMK baik negeri maupun swasta di Sumenep akan berkompetisi dan berinovasi sesuai bidang keahliannya masing-masing,” tambahnya.
Kepala Bidang Kejuruan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Karyanto, berharap melalui LKS bagi siswa SMK bisa menjadi modal dalam berkompetisi di tingkat berikutnya. Baik di tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional, bahkan internasional.
Pada ajang LKS ini siswa SMK dilatih menjadi pengusaha untuk mengkonsep menjadi pengusaha dan wirausaha yang kaya inovasi, dengan kemasan yang bagus, cara menjual dan berkomunikasi yang baik,” tambahnya. (AINUR) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment