Tuesday, December 15, 2015

KABUPATEN TANAH BUMBU

Pegawai Yang Dikarantina Jalani Psikotes 

Melalui pembinaan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap pegawai sendiri maupun keberlangsungan pelayanan kepada masyarakat
MENYUSUL diberlakukannya pola karantina terhadap PNS dan Non PNS yang melakukan pelanggaran disiplin secara berulang-ulang, Jumat kemarin menjalani psikotes di ruang karantina Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu).
Sedikitnya 25 orang yang mengikuti tes. Tes tersebut merupakan rangkaian kegiatan pola karantina terhadap PNS maupun Non PNS yang telah menjalani pembinaan selama 3 hari.
Kepala BKD Tanbu, DR Ambo Sakka, melalui Kasubbid Pemberhentian dan Kesejahteraan Pegawai, Syaikul Ansari SH, mengatakan, tes psikotes ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana kemampuan dan minat PNS dan Non PNS terhadap tugas pokok dan fungsi pekerjaan yang dilakukan di SKPD masing-masing.
Menurutnya, melalui tes tersebut setidaknya akar permasalahan yang menyebabkan pegawai tidak disiplin akan terlihat, baik itu kerena suasana kerja maupun tugas yang diberikan atasan tidak sesuai dengan minat sebenarnya.
Dari hasil psikotes yang terlihat, sambung Syaikul, mereka akan diarahkan untuk mengembangkan minat terhadap bidang tugas lainnya.
‪"Tidak menutup kemungkinan salah satu penyebab mereka malas masuk kerja dikarenakan tugas yang selama ini diberikan tidak sesuai dengan minat dan kemampuannya. Contohnya, dia tak punya minat dan kemampuan di Dinas A maka dia akan dicarikan solusi untuk dipindahkan ke Dinas B yang sebenarnya memang sesuai dengan minat, bakat dan kemampuannya," ujar Syaikul.
Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, Drs Said Akhmad, yang berkesempatan hadir di ruang karantina BKD Tanbu sekaligus memberikan arahan sebelum para pegawai tersebut menjalani tes psikotes.
‪Dikatakannya, kegiatan karantina ini perlu diterima secara positif. Ia menilai aturan yang diterapkan pemerintah daerah melalui BKD ini semata-mata sebuah pembinaan. Ia pun berharap melalui pembinaan ini dapat memberikan dampak positif terhadap pegawai sendiri maupun keberlangsungan pelayanan kepada masyarakat.
"Perlu disadari bahwa sebagai PNS maupun Tenaga PNS tidak hanya memberikan pelayanan, namun juga menjadi contoh dan panutan di masyarakat. Dengan demikian baik atau tidaknya citra pemerintahan tergantung sejauh mana anda meningkatkan kedisiplinan, baik disiplin masuk kerja maupun disiplin kinerja," pungkas sekda di hadapan para pegawai yang masuk dalam pola karantina. (F.611) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment