Friday, December 11, 2015

LINTAS BERITA ACEH UTARA

SERTIJAB CAMAT SYAMTALIRA BAYU

Syafrizal S STP beserta istri dan T Bustamam SSos beserta istri. Tgk H Zainuddin dan Anwar Adlin (Asisten Pemerintahan Setdakab Aceh Utara) ketika memberi sambutan
PENGANTAR tugas dan serah terima jabatan (sertijab) Camat Syamtalira Bayu, Kabupaten Aceh Utara, dari Safrizal S STP kepada T Bustamam SSos berlangsung di ruang gedung pertemuan kecamatan setempat pada Kamis (17/9) dengan sukses.
Pembukaan acara dimulai dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran oleh Tgk Elfiadi, yang disertai dengan pembacaan Shalawat Badar. Sedangkan Ibu Roswita memimpin lagu Indonesia Raya.
Safrizal S STP sejak tanggal 4 September 2015 mendapat tugas baru sebagai Kepala Bagian Pemerintahan Mukim dan Gampong Setdakab Aceh Utara. Sedangkan T Bustamam SSos sebelumnya menjadi Camat Nibong.
Fauzan S STP MSi, Kabag Organisasi Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, menyampaikan bahwa sertijab Camat Syamtalira Bayu dilakukan berdasarkan SK Bupati Aceh Utara. Sertijab Camat Syamtalira Bayu ini seharusnya dilakukan langsung oleh H Muhammad Thaib, Bupati Aceh Utara. Namun karena Bupati Aceh Utara sedang menunaikan ibadah haji di Tanah Suci maka diwakili oleh Anwar Adlin, Asisten Pemerintahan Setdakab Aceh Utara, untuk melaksanakan sertijab Camat Syamtalira Bayu.
Dalam sambutannya, Safrizal S STP mohon pamit dan mengucapkan terima kasih kepada Danramil dan Kapolsek serta Kepala KUA Kecamatan Syamtalira Bayu yang telah membantu tugas-tugasnya selama menjadi Camat Syamtalira Bayu 2 tahun 8 bulan. Begitu pula kepada sekcam, para guechik gampong, para imum mukim, alim-ulama serta tokoh masyarakat. Tak lupa pula Safrizal mohon maaf kepada semua pihak atas segala kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja selama ia menjadi Camat Syamtalira Bayu.
Kepada T Bustamam SSos sebagai Camat Syamtalira Bayu yang baru, Safrizal mengingatkan bahwa di Kecamatan Syamtalira Bayu telah terbentuk Forum Geuchik dan Forum Mukim. Maka kedua forum yang belum lama terbina itu supaya dapat diteruskan keberadaan dan fungsinya agar bermanfaat bagi masyarakat.
            T Bustaman SSos melalui sambutannya memperkenalkan diri dan keluarganya bahwa ia punya seorang isteri dan 5 orang anak (3 putra dan 2 putri). Ia pun berjanji akan melanjutkan tugas camat yang lama di Kecamatan Syamtalira Bayu sebagaimana mestinya dan mengharapkan bantuan serta dukungan dari semua pihak. “Tanpa dukungan bapak-ibu, muspika, geuchik gampong, imum Mukim, tokoh masyarakat, koramil dan polsek tak mungkin saya sendiri sebagai camat bisa melaksanakan tugas-tugas saya sebagaimana yang diharapkan masyarakat dan pemerintah,” katanya.
Tokoh masyarakat Syamtalira Bayu dari unsur ulama, Tgk H Zainuddin, dalam sambutannya mengatakan bahwa pergantian pejabat pemerintah yang baru dengan yang lama merupakan hal yang sangat wajar, yang acap berlangsung mulai sejak kepemimpinan para nabi dan rasul serta aulia-aulia Allah. “Kata Allah; hari demi hari kami adakan pergantian di kalangan manusia dan pergantian itu adalah hal yang baik”.
Dengan adanya pergantian dan pertukaran diharapkan suatu instasi maupun perkumpulan akan menjadi lebih baik. Dan bukan berarti yang lama itu sudah tidak baik, tetapi pertukaranlah yang diharapkan untuk menjadi lebih baik. Setiap manusia ada kelemahan dan ada pula kelebihannya, maka dari kedua hal itu ada yang berkekurangan dan ada pula yang berkelebihan.
Kepada T Bustamam SSos sebagai Camat Syamtalira Bayu yang baru diharapkan dengan izin Allah setiap melakukan programnya supaya selalu berkoordinasi dengan semua pihak yang terkait. Dan jika ada segelintir lontaran kata yang dirasakan pedas yang berasal dari masyarakat dan para tokoh kecamatan maupun dari desa, itu adalah hal yang biasa, jangan membuat lemah dalam bertugas. “Kritikan pedas itu anggaplah butir-butir  pecacahan riak (buih) lautan yang terdampar ke daratan,” ujar Tgk H Zainuddin.
Asisten Pemerintahan Setdakab Aceh Utara, Anwar Adlin, mewakili Bupati Aceh Utara, dalam sambutannya mengatakan bahwa pertukaran tugas PNS di kalangan Pemkab Aceh Utara memang sudah sewajarnya dilakukan Bupati Aceh Utara. Demikian pula halnya pertukaran dan pergantian camat, itu juga hal yang lumrah terjadi.
T Bustamam SSos merupakan kepercayaan Bupati Aceh Utara, yang menurut bupati, akan lebih tepat dan lebih mampu bertugas menjadi Camat Syamtalira Bayu. “Sebagai seorang pamong praja lulusan APDN, T Bustamam sudah pernah bertugas di banyak tempat, dan sudah pernah menjadi camat di beberapa kecamatan di Kabupaten Aceh Utara. Kecamatan Syamtalira Bayu merupakan wilayah yang lengkap, lahan perbukitan di sebelah selatan strategis untuk perkebunan, lahan pertanian dan persawahan di kawasan tengah, yang strategis buat tani sawah dan tani darat. Sedangkan di sebelah timur ada kawasan perikanan darat dan perikanan laut yang menghasilkan. Itu semua adalah fasilitas untuk kesejahteraan masyarakat menuju kedamaian yang hakiki dan supaya diberdayakan dengan segala upaya”.
Kecamatan Syamtalira Bayu merupakan kecamatan yang masyarakatnya berkehidupan aman, damai, terpedomani dari para geuchik gampong dan imum mukimnya yang tidak pernah konflik. “Jangan sampai ada masyarakatnya yang menangis. Maka, berusaha keraslah dengan sumber daya yang ada di bidang perkebunan, pertanian dan persawahan yang tersedia, serta bidang perikanan darat dan laut yang bermakna serta menjanjikan bagi kehidupan,” kata Anwar Adlin. (F.434) web majalah fakta / majalah fakta online


No comments:

Post a Comment