Thursday, December 10, 2015

LINTAS NGAWI

PELATIHAN KELOMPOK PETANI PETERNAK 
TENTANG CARA PEMBUATAN COMPLETE FEED UNTUK KAMBING OLEH 
DINAS PETERNAKAN DAN PERIKANAN KABUPATEN NGAWI 2015


USAHA peternakan kambing atau domba di Kabupaten Ngawi, Jatim, mempunyai prospek yang bagus dan pemasarannya meliputi lokal, luar provinsi bahkan telah diekspor ke Malaysia dan Singapura, khususnya kambing Bligon. Untuk itu Pemkab Ngawi melalui Dinas Peternakan dan Perikanan dalam upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas peternak kambing/domba apabila dijual nilai harganya tinggi dan akan menambah PAD, mengadakan pelatihan bagi kelompok petani peternak tentang cara pembuatan complete feed dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Tahun 2015.
            Kepala Bidang (Kabid) Usaha Tani Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ngawi, Ir Sutrisno Msi, menjelaskan,DBHCHT Tahun 2015 digunakan untuk kegiatan pembuatan complete feed (fermentasi pakan ternak). Hal ini agar para petani peternak kambing/domba dapat membuat pakan ternak aternatif supaya tidak ngarit (merumput tiap hari), tidak angon (menggembala) dan tanpa bau kotoran ternak. Tujuan fermentasi adalah pengawetan pakan; meningkatkan kualitas pakan, peningkatan tingkat kecernaan dan peningkatan falibilitas (nafsu makan).
Lebih lanjut dikatakan, pelatihan ini dilaksanakan mulai tanggal 28 Mei 2015 s/d 13 Agustus 2015, tempatnya di desa masing-masing yang diikuti 300 orang dari tujuh kelompok petani peternak kambing, yaitu Kelompok Tani Sambi Barat Desa Tanjungsaria, Kecamatan Jogorogo, Karya Tani Desa Semen, Kecamatan Paron, Sari Wangi Desa Karangsono, Kecamatan Kwadungan, Sekar Tani Desa Sekarputih, Kecamatan Widodaren, Sido Mukti Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Tani Sejahtera Desa Kulaan, Kecamatan Sine, dan Tani Mulyo Desa Pocol, Kecamatan Sine.
            Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ngawi, Ir Sunito MSi, mengatakan, DBHCHT Tahun 2015 digunakan untuk pelatihan pembuatan complete feed (pakan alternatif untuk ternak kambing/domba); untuk pembuatan tape jerami yang digunakan untuk pakan alternatif ternak sapi dan untuk pembuatan Urea Mollases Multinutrient Block (UMMB) sebagai pakan suplemen ternak sapi. Adapun sebagai instruktur/pelatihnya yaitu Sukamto dari SMD (Sarjana Membangun Desa) Tahun 2010. Selain itu juga dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ngawi. (Prastiwi) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment