Wednesday, December 23, 2015

LINTAS NGAWI

SALURAN DRAINASE SANGAT PENTING DIBANGUN DI DUSUN KETANGGI KIDUL, DESA KARTOHARJO, KECAMATAN NGAWI, 
UNTUK MENANGGULANGI TERJADINYA BANJIR


PEMBANGUNAN saluran drainase sangat penting, karena air mempunyai pengaruh yang buruk untuk jalan. Antara lain apabila terjadi hujan, jalan menjadi jelek dan becek jika badan jalan tidak cepat kering dan jalan akan mudah terputus (pavement erosions) bila air dibiarkan melintangi permukaan jalan. Untuk itulah perlu dibangun saluran drainase yang bagus dan berkualitas.
Hal itu dikatakan Kepala Desa Kartoharjo, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur, Suwarjono. “Saluran drainase sangat penting dibangun di Dusun Ketanggi Kidul RT.02 RW.04 karena saluran drainasenya sudah rusak berat dan riskan banjir. Tujuan pembangunan ini untuk menanggulangi terjadinya banjir. Selain itu jalan akan menjadi rusak bila air dibiarkan mengalir di tengah jalan dan jalan menjadi bergelombang bila pondasi jalan tidak kering. Saluran drainase yang dibangun air pembuangannya dialirkan ke arah barat menuju Sungai Madiun,” ungkapnya.
Lebih lanjut dijelaskan Udin Widarso selaku Tim Pelaksana Kegiatan Fisik (Pembangunan Saluran Drainase) bahwa pembangunan drainase di Dusun Ketanggi Kidul RT.02 RW.04, Desa Kartoharjo, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi, itu alokasi dananya diperoleh dari pemerintah pusat yaitu Dana Desa (DD) tahun 2015 sebesar Rp 137.168.000,- (seratus tiga puluh tujuh juta seratus enam puluh delapan ribu rupiah). Pembangunannya dimulai pertengahan September 2015 selama satu bulan (30 hari) dan dikerjakan sesuai dengan bestek/RAB,” ujarnya. (Prastiwi) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment