Wednesday, December 23, 2015

LINTAS NGAWI

PEMERINTAH DESA KASREMAN, KECAMATAN GENENG, MEMBANGUN

TALUD PENAHAN TANAH UNTUK MENAHAN EROSI DAN BANJIR


TALUD Penahan Tanah (TPT) adalah suatu bangunan yang berfungsi untuk menstabilkan kondisi tanah tertentu yang rawan erosi dan banjir. Jenis konstruksinya antara lain pasangan batu dengan mortal, pasangan batu kosong, beton, kayu, dan sebagainya. Fungsi utama dari konstruksi TPT adalah menahan tanah yang berada di belakangnya dari bahaya erosi/longsor akibat berat tanah dan berat air.
Kepala Desa Kasreman, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur, Sukoco, menjelaskan, pembangunan TPT sangat emergency untuk segera dibangun karena sebentar lagi musim penghujan, di mana Desa Kasreman rawan banjir yang mengakibatkan tanah menjadi erosi/longsor. “Dusun yang rawan banjir adalah Dusun Balerejo dan Dusun Karangrejo yang setiap tahun terkena musibah banjir. Untuk itulah pembangunan TPT diutamakan di dua dusun tersebut. Manfaat TPT ini dibangun agar jalan tidak menjadi rusak apabila terkena air hujan dan jalan tidak menjadi bergelombang serta becek karena air hujan bisa mengalir  ke saluran drainase menuju sungai Madiun. Hal itu karena TPT yang dibangun dari DD tahun 2015 ini sangat baik dan berkualitas,” jelasnya.
Sedangkan Kijing Wahono selaku Tim Pelaksana Kegiatan Fisik Pembangunan menambahkan bahwa Dana Desa tahun 2015 yang diperoleh dari pemerintah pusat memang digunakan untuk pembangunan Talud Penahan Tanah (TPT) yang lokasinya di Dusun Balerejo dan Dusun Karangrejo, Desa Kasreman, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi. “Volume TPT itu panjangnya 380 x 2 lebar 30 cm bawah 50 cm dan tingginya bervariasi antara 70 – 90 cm. Alokasi dananya sebesar Rp 240.000.000,- (dua ratus empat puluh juta rupiah) dan pengerjaannya sesuai dengan bestek/RAB”. (Prastiwi) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment