Monday, December 21, 2015

MADURA RAYA

Dispertan Targetkan Tahun 2016 Programkan Petani Gunakan Peralatan Modern


KEPALA Dinas Pertanian Kabupaten Sumenep, Jatim, Ir Bambang Heriyanto MSi, mengaku optimis Kabupaten Sumenep akan sukses mendukung swasembada pangan berkelanjutan yang diprogramkan pemerintah pusat. Salah satu upaya yang dilakukan dengan terus menggenjot peningkatan hasil produksi pertanian. Karena itu pihaknya berupaya mendatangkan alat inovasi di bidang pertanian yang sangat membantu petani. Seperti mesin penanam padi dan  mesin perontok padi yang sudah dilakukan uji coba pada panen raya lalu.
“Sebab terbukti dengan mesin modern tersebut petani semakin terbantu, karena cukup duduk mesin sudah bisa mengerjakan tugasnya tanpa kerja keras petani lagi,” ungkapnya.
Menurutnya, alat mesin yang baru diuji coba beberapa tahun ini di Sumenep merupakan salah satu produk unggulan dari Dinas Pertanian untuk mendukung program dari pemerintah pusat terhadap kabupaten/kota seluruh Indonesia dalam upaya khusus peningkatan swasembada pangan berkelanjutan.
Bambang yakin dengan bantuan peralatan pertanian berupa program omvam, artinya omvam itu bagaimana meningkatkan produksi dengan benih-benih yang bersertifikat yang bisa menghasilkan produksi tinggi kemudian dalam bidang omvam itu ada pengelolaan hasil pertanian.
Dalam program tersebut tidak hanya berupa mesin penanam dan perontok padi saat panen, namun juga dilengkapi peralatan mesin pertanian lainnya. Sehingga petani di Kabupaten Sumenep sudah bisa menjadi petani modern dan tidak hanya mengandalkan peralatan tradisional.
“Kami memprogramkan di tahun 2016 para petani bisa menikmati fasilitas sebagai petani modern," tambahnya. (ainur) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment