Friday, December 11, 2015

UNTAIAN PERISTIWA ACEH UTARA

WARGA KEUDE MATANG KULI QURBAN 3 SAPI, DI NIBONG BAROH QURBAN 2 SAPI

Tgk H Abdullah ketika menyembelih sapi qurban
SEBANYAK 21 warga Gampong Keude Matang Kuli berqurban Idul Adha 1436 H dengan menyembelih 3 ekor sapi yang kemudian dagingnya dibagikan kepada para anak yatim, fakir miskin serta kaum dhu’afa di Gampong Keude Matang Kuli dan sekitarnya. Penyembelihan hewan qurban itu berlangsung pada hari Kamis, 10 Dzulhijjah (24/9), di komplek Gedung Serba Guna Jalan Rel Kereta Api Gampong Keude Matang Kuli, Kabupaten Aceh Utara. Para peserta qurban dipeusijuek (ditepung tawar) oleh Tgk H Abdullah, Imam Gampong Keude Matang Kuli yang juga Panitia Masjid Al-Khalifah Ibrahim Kecamatan Matang Kuli.
Sedangkan di Gampong Nibong Baroh, Kecamatan Nibong, Aceh Utara, 2 kelompok peserta qurban yang terdiri dari 14 warga menyembelih 2 sapi dan membagikan dagingnya kepada sekitar 180 orang yang berhak menerimanya yaitu anak-anak yatim, fakir mikin, serta kaum dhu’afa di Desa Gampong Nibong Baroh. Kegiatan qurban di Gampong Nibong Baroh ini dipimpin oleh Tajuddin, PNS RSU Cut Meutia Bukit Rata, dibantu Ibrahim Setiawan, Kadus Kuchik Meugat, Gampong Nibong Baroh, dan beberapa anggota panitia qurban setempat.
            Penyembelihan 2 sapi qurban itu dilakukan pada hari Jum’at (25/9), di depan Meunasah Gampong Nibong Baroh. Yang seekor disembelih oleh Tgk Mahdi, Imam Desa Gampong Nibong Baroh, dan seekor lainnya disembelih oleh Tgk A Thaleb Abdullah, mantan Geuchik Gampong Nibong Baroh. Di Nibong Baroh sudah 2 tahun ini berturut-turut menyelenggarakan acara qurban dengan sistem arisan (berjulo-julo). (F.434) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment