Saturday, February 13, 2016

LINTAS BERITA

MALANG
Disnakertrans Kabupaten Malang Sosialisasikan Budaya K3

Foto bersama Bupati Malang, H Rendra Kresna, pekerja,
SKPD dan Nanik Yurianti (Wartawati Majalah FAKTA)
 
DI Hari Jadi Kabupaten Malang ke-1255, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Malang mengadakan Sosialisasi Budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) kepada para pekerja dan pengusaha. Acara ini mengambil lokasi di Rest Area yaitu tempat transit para wisatawan di Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, Selasa (6/10).
Kegiatan akbar ini diikuti oleh 1.000 orang peserta yang berasal dari serikat buruh dan pekerja dari seluruh perusahaan yang ada di Kabupaten Malang, dengan mengambil tema "Masyarakat Industri Kabupaten Malang Ikut Serta Dalam Kampanye K3 Demi Mewujudkan Perlindungan, Kesehatan, Perluasan Kesempatan Kerja Dan Peduli Terhadap Sesama".
Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Malang, H Rendra Kresna, Kapolres Malang, Anggota DPRD, Ketua BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, seluruh kepala SKPD, Camat Karangploso dan jajarannya, muspika, serta pimpinan perusahaan di Kabupaten Malang.
Kepala Disnakertrans Kabupaten Malang, Drs Razali MSi, mengatakan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk memberikan kesadaran akan pentingnya K3 di tempat kerja dan bentuk kecintaan kepada sesamanya yang diwujudkan dalam bentuk penyelenggarakan kampanye bersama antarpekerja dan pengusaha sehingga tercipta sambung rasa.
Sedangkan Bupati Malang dalam sambutannya menegaskan agar penerapan K3 tidak dijadikan beban tapi anggap sebagai sarana penyelamatan dan kesehatan diri. ”Penerapan K3 di dunia kerja sangat penting karena tidak akan merugikan pihak mana pun, termasuk pimpinan perusahaan ataupun pekerja,” jelasnya.
Sebenarnya sudah lebih dari 30 tahun diadakan kampanye K3 tetapi tetap saja masih ada kecelakaan kerja di lingkup tempat kerja di suatu perusahaan. Penyebabnya, selain belum adanya pemahaman yang sama akan pentingnya arti K3, diakui oleh bupati, juga karena keterbatasan jumlah pegawai disnakertrans yang minim untuk memonitoring program ini.
Selesai acara, bupati berkeliling mengunjungi stan binaan disnakertrans yaitu keterampilan hasil kreatifitas para pekerja. Dilanjutkan foto bersama sehingga peserta berebut dan berjubel minta foto selfi dengan bupati pujaannya. (F.943) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment