Saturday, February 13, 2016

UNTAIAN PERISTIWA

SIMEULUE

Gubernur Aceh Setuju Simeulue Dimekarkan

GUBERNUR Aceh, dr H Zaini Abdullah, bersama rombongan tiba di Bandara LAsikin Kabupaten Simeulue dengan menumpang pesawat MAFsekitar pukul 9.20 Wib disambut Bupati Simeulue, Drs H Riswan NS, dan Wakil Ketua DPRK Simeulue, Rosnidar Mahlil SE, beserta unsur Forkopimda Kabupaten Simeulue.
Agenda kunker Gubenur Aceh beserta rombongan ke Simeulue diawali dari peninjauan ujung Bandara Lasikin yang akan diperpanjang dan mengunjungi korban kebakaran di Desa Kampung Aie dan Sinabang. Selain itu juga melakukan tinjauan  proyek rumah dhuafa dan pembangunan infrastruktur seperti jalan lingkar Simuelue. Kunjungan kerja ini dimaksudkan untuk melihat langsung progress pembangunan yang dananya bersumber dari Otsus dan APBA 2015.
Gubernur Aceh saat temu ramah dengan warga Desa Kampung Ai yang dihadiri Camat Simeulue Tengah dan aparat desa setempat menyampaikan kepada masyarakat bahwa dalam waktu dekat segera diselesaikan seluruh pembangunan rumah korban kebakaran.
Gubernur juga menghimbau kepada Kadis Bina Marga Provinsi Aceh dalam kunjungan selanjutnya ke Kabupaten Simeulue nanti akan memfasilitasi sumur bor untuk kebutuhan masyarat setempat dan memastikan jalan lingkar Simeulue akan tuntas pada masa kepemimpinannya. "Ke depan nantinya jalan lingkar Simeulue akan tembus dan sudah diaspal seluruhnya. Dan kita usahakan secepatnya diproses persyaratan untuk pemekaran kabupaten," kata Zaini Abdullah.

Kemudian, gubernur mengatakan, mendukung sepenuhnya pemekaran Kabupaten Simeulue menjadi dua kabupaten, sepanjang sudah memenuhi persyaratan untuk pemekaran baik persyaratan teknis, administratif, wilayah, strategis, maupun geopolitik. “Kabupaten baru yang akan dimekarkan nantinya di Pulau Simeulue itu diberi nama Kabupaten Selaut Besar yang terdiri atas lima kecamatan, yaitu Kecamatan Alafan, Salang, Simeulue Cut, Simeulue Barat dan Simeulue Tengah. Dimekarkannya daerah kepulauan tersebut menjadi dua kabupaten untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dan untuk mempercepat proses pembangunan kabupaten pulau terluar tersebut. Saya sangat setuju dan sudah merekomendasikan untuk mempercepat proses pemekarannya. Mudah-mudahan dalam waktu dekat Simeulue akan menjadi dua kabupaten kepulauan. Tentunya dengan pemekaran itu diharapkan pembangunan akan cepat berkembang,” pungkas Gubernur Aceh. (F.986) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment