Saturday, February 13, 2016

UNTAIAN PERISTIWA

SIMEULUE

SMKN 1 Sinabang Raih Juara I Stand Expo Pendidikan Se-Aceh

SMK Negeri 1 Sinabang, Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue, berhasil meraih juara 1 Stand Expo Pendidikan Hardidikda se-Aceh. 2 jurusan yakni Tata Boga dan Busana yang ditampilkan menghiasi stan pameran itu. Di sekolah itu juga menghasilkan pembelajaran dan bimbingan yang efektif, inovatif, kreatif untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
Berawal dari upaya kerja keras dan kekompakan yang dibekali oleh keterampilan yang didapat siswa/i jurusan Tata Boga, kali ini menampilkan bebagai jenis makanan siap saji yang sudah dipasarkan. Sedangkan untuk jurusan Tata Busana menampilkan berbagai kegiatan seperti pameran busana dengan berbagai jenis model, memamerkan berbagai jenis aksesoris yang mendukung busana dan juga menampilkan peragaan busana. Sementara untuk jurusan Tata Kecantikan menampilkan peragaan rias dan pameran produk kecantikan.
Dengan melatih siswa yang memiliki kompetensi professional, SMK Negeri 1 Sinabang memiliki 437 siswa/i sebanyak 6 jurusan yaitu Akuntansi, Administrasi Perkantoran, Tata Niaga Pemasaran, Tata Boga, Tata Busana, Teknik Komputer Jaringan (TKJ).
Kepala SMK Negeri I Sinabang, Sri Mulyana NST SPd, yang ditemui FAKTA mengungkapkan bahwa agenda rutin siswa/i di sekolahnya yakni setiap Senin melaksanakan upacara bendera dengan petugas digilir setiap kelas agar siswa/i punya tanggung jawab sebagai petugas upacara. Pembina upacaranya pun juga digilir mulai dari kepsek, wakil kepsek, kajur sampai guru, agar semuanya berlatih berbicara di depan umum. Kemudian sebelum belajar siswa wajib berdoa/membaca ayat-ayat  pendek Al Quran. Lalu setiap Jumat pagi semua guru dan siswa membaca surat Yasin, Asmaul Husna, Salawat Badar, surah-surah pendek dilanjutkan dengan bimbingan dan arahan dari wali kelas untuk mngevaluasi keadaan kelasnya karena hari Jumat adalah hari wajib bagi wali kelas masuk ke kelasnya. Di jam ke-2, ada Forum Kajian Islam (Forkis) yang diisi oleh para ustadz dari luar sekolah yg dilaksanakan di aula/mushala. “Ini juga dilakukan secara bergiliran di setiap kelas,” ungkap Sri Mulyana.
Sri mulyana kembali memaparkan, selain kegiatan-kegiatan tadi, di sore hari juga ada kegiatan pengembangan diri seperti pramuka, olahraga, seni tari dan nandong. 
Prestasi yang sudah dicapai sekolah antara lain juara 1 lomba Nasyid Pentas Seni Agama Islam, juara 1 lomba Kreasi Busana Pentas Seni Agama Islam, juara 1 Kreasi Busana dari barang-barang bekas yang dilaksanakan oleh Forum Anak.
Salah seorang siswi di SMK itu sempat mengharumkan nama sekolah dan daerahnya. Meskipun dia hanya meraih medali perak dalam O2SN SMK Tingkat Provinsi Aceh Cabang Olahraga Badminton Putri namun hal itu merupakan suatu kebanggaan bagi dirinya dan teman-teman serta guru sekolahnya.
"Selain itu anak-anak juga aktif dalam penulisan karya ilmiah. Jadi tak hanya fokus di kejuruannya saja, namun anak-anak fokus juga dengan teorinya. Tujuan kita dengan ekskul ini untuk menumbuhkan minat, bakat sehingga tersalurkan melalui ekskul itu. Kami juga ada ekskul Tartil (belajar membaca Al-Quran) dan semua pengajar ekskul kami sediakan dari luar dan sudah ahlinya. Namun, terdapat hambatan juga untuk ekskul ini, mengingat lokasi kami yang masih minim," aku Sri Mulyana.
Selanjutnya Sri Mulyana menjelaskan visi dan misi SMKN 1 Sinabang sebagai berikut; visi sekolah : Berakhlakul karimah, mandiri dan terampil berdasarkan iman dan taqwa. Sedangkan misi sekolah : Menciptakan kehidupan sekolah yang berbudaya, religius dan bermartabat. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan yang efektif, inovatif, kreatif untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal. Menciptakan lingkungan yang kondusif, indah, nyaman dan damai sebagai wahana kegiatan belajar.
Rahmawina siswi yang berprestasi
Rasa bangga terpancar di raut wajah Rahmawina lantaran medali perak dapat diraihnya dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tingkat Provinsi Aceh.
Siswi yang masih duduk di kelas XI SMK I Sinabang ini awalnya mengukir prestasi menempati juara I cabang olahraga badminton pada O2SN Tingkat  Kabupaten Simeulue 2015. Membuat siswi tersebut melanjutkan perjuangannya ke tingkat provinsi. “Alhamdulillah saya bisa memberikan yang terbaik bagi sekolah dan daerah ini. Saya akan terus berusaha dan harus bisa meraih medali emas atau juara pertama pada O2SN tahun depan,” ungkap Rahmawina.
Nuansa kegembiraan tak hanya dirasakan wali murid dan siswa/i, kalangan guru pun turut merasa bangga akan keberhasilan anak didiknya yang telah berjuang keras sehingga mengukir prestasi yang bisa mengharumkan nama daerah dan sekolah tersebut.
Hal ini diungkapkan Kepala SMK Negeri 1 Sinabang, Sri Mulyana NST SPd, didampingi Wakasek Bidang Sarana dan Prasarana, Friyanti SAg, kepada Mohd Azis dari FAKTA saat ditemui di ruang kerjanya.

“Kami juga merasa sangat bangga karena anak didik kami sudah memberikan yang terbaik dan mampu bersaing di tingkat provinsi ikut O2SN cabang olahraga badminton dan anak didik kami itu berhasil meraih medali perak. Ini merupakan suatu prestasi yang patut dibanggakan,” tutur Sri Mulyana. (F.986) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment