Friday, March 11, 2016

ADVETORIAL BADUNG

Pj Bupati Badung Presentasikan SAKIP Kepada Menpan-RB
Menpan-RB Apresiasi Komitmen Dan Capaian  Kinerja Pemkab Badung
                                                                                                                
Pj Bupati Badung, Nyoman Harry Yuda Saka, menyerahkan cinderamata kepada Menpan-RB, Yuddy Chrisnandi, disaksikan Gubernur Bali, Made Mangku Pastika, usai presentasi SAKIP Pemkab Badung di hadapan Kemenpan-RB di Ruang Wiswa Sabha Utama Kantor Gubernur Bali, Kamis (19/11)
PENJABAT (Pj) Bupati Badung, Ir Nyoman Harry Yuda Saka MM, Kamis (19/11) mempresentasikan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kabupaten Badung di hadapan Menpan-RB di Ruang Wiswa Sabha Utama Kantor Gubernur Bali. Turut hadir pada acara presentasi SAKIP tersebut selain Menteri PAN-RB, Yuddy Chrisnandi, Gubernur Bali, Made Mangku Pastika, juga Wakil Gubernur Bali, Drs Ketut Sudikerta. Sementara dari jajaran Kemenpan-RB tampak hadir Deputy Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabiliatas dan Pengawasan, M Yusuf Atteh, beserta Asisten Deputy Ronald Andrea dan para pejabat terkait di lingkungan Pemkab Badung dan Provinsi Bali.
Pj Bupati Badung, Harry Yuda Saka, dalam presentasinya mengungkapkan bahwa dengan penerapan SAKIP kinerja SKPD di Kabupaten Badung menjadi semakin terukur sehingga menunjang akuntabilitas kinerja. Dikatakannnya pula, terdapat sejumlah langkah strategis yang telah dilakukan dalam upaya meningkatkan akuntabilitas pemerintah kepada masyarakat, di antaranya disebutkan yang paling mendasar dari semuanya adalah membangun komitmen bersama segenap jajaran SKPD di lingkungan Pemkab Badung agar mampu merencanakan program kegiatan yang berorientasi pada hasil dan manfaat. “Jadi bukan sekedar melaksanakan kegiatan yang bersifat rutinitas," ujarnya.
Lebih lanjut Yudha Saka menjelaskan bahwa kapasitas aparatur juga ditingkatkan di bawah pengawalan penuh dari Tim Pengembangan SAKIP yang dibentuk melalui keputusan Bupati Badung. Selain itu terdapat hal yang sangat mendukung peningkatan akuntabilitas kinerja Kabupaten Badung yaitu adanya komitmen dan dukungan DPRD Badung secara penuh untuk melakukan revisi RPJMD hingga 2 kali dalam satu tahun demi menyelaraskan dan memadukan program dan target kinerja sesuai dengan peningkatan pendapatan asli daerah (PAD).
Sementara itu Menpan-RB, Prof DR H Yuddy Chrisnandi, menyampaikan apresiasinya atas komitmen dan capaian kinerja Pemerintah Kabupaten Badung dan Provinsi Bali yang dinilai telah mampu menunjukkan adanya kesungguhan untuk menjadi lebih baik dalam akuntabilitas kinerja. Menpan juga mengajak segenap jajaran pemerintah untuk membangun budaya kinerja serta memastikan bahwa pemerintah senantiasa hadir untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.
Apresiasi atas capaian kinerja Pemkab Badung ini bukan semata-mata karena PAD-nya yang tinggi, mengingat daerah lain dengan PAD tinggi namun belum mampu melaksanakan tata kelola pemerintahan dengan baik dan akuntabel. "Jadi, capaian kinerja ini sangat ditunjang oleh adanya leadership, nilai gotong royong serta nilai-nilai religius yang dimiliki oleh masyarakat Bali," ujarnya.
Melihat komitmen dan capaian yang telah berhasil diraih oleh Pemkab Badung dan Pemprov Bali, Menpan Yuddy Chrisnandi juga menyampaikan harapannya agar pemerintah kabupaten/kota lainnya di Provinsi Bali dapat turut bergerak bersama-sama guna mewujudkan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah yang lebih baik dan berimplikasi pada peningkatan kesejahteraan rakyat.

Selain itu Menpan RB juga menyampaikan apresiasinya atas inisiatif Pemerintah Provinsi Bali yang telah menyelenggarakan acara penguatan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dengan melibatkan pemerintah kabupaten/kota se-Bali tersebut. (Tim) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment