Wednesday, March 16, 2016

ADVETORIAL KUDUS

PEMKAB KUDUS BEKERJA SAMA DENGAN BANK JATENG

DALAM PELAKSANAAN PROGRAM KREDIT USAHA PRODUKTIF (KUP)

UNTUK benar-benar meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Bupati Kudus membuat terobosan baru. Konsep kredit usaha produktif (KUP) akan segera diimplementasikan di Kudus. Ini merupakan pinjaman modal tanpa jaminan bagi para pelaku usaha kecil menegah (UKM) di Kudus.
Pemilihan Kudus sebagai pilot project ini merupakan hasil paparan Bupati H Mustofa di depan Presiden RI, Joko Widodo, beberapa waktu yang lalu. Presiden sangat mengapresiasi hingga memberikan kesempatan Kudus sebagai percontohan implementasinya. Oleh karena itu  berbagai langkah telah diambil agar KUP ini berjalan sesuai harapan. Di antaranya, penyiapan regulasi dan kerja sama dengan pihak perbankan. Pemerintah Kabupaten Kudus akhirnya memilih Bank Jateng sebagai bank pelaksana, mengingkat kerja sama antara peemrintah dengan bank milik pemerintah daerah tersebut bukan hanya pada hal ini saja. Bank Jateng juga telah turut berperan dalam memberdayakan ekonomi kerakyatan, khususnya di Kudus.
“Kita akan merubah pola pembinaan dan mindset masyarakat untuk lebih bertanggung jawab terhadap kewajibannya,” kata Bupati Kudus di hadapan pihak Bank Jateng di Pendopo Kabupaten Kudus.
“Kita akan merubah pola pembinaan dan mindset masyarakat
untuk lebih bertanggung jawab terhadap kewajibannya” 
Tentunya hal itu harus ada konsep yang jelas serta disusun secara sistematis mulai dari pengumpulan data hingga validasinya. Sehinngga nantinya ada kesepahaman antara pemerintah daerah dengan bank pelaksana tersebut. Termauk kriteria yang tepat bagi penerima pinjaman dana ini. Di antaranya, penerima KUP terbagi menjadi kelompok-kelompok bidang usaha antara lain pertanian, jasa, perdagangan dan sebagainya.
Lebih lanjut bupati menyampaikan bahwa konsep menjaga stabilitas keamanan dan perekonomian adalah kecukupan ekonomi yang melalui empat pilar, yaitu :
1. Kedaulatan pangan
2. Kesehatan
3. Pendidikan
4. UMKM
Maka sangat tepat upaya yang dilakukan Bupati Kudus untuk menbangkitkan ekonomi kerakyatan melaui KUP ini.
Sementara itu Direktur Utama Bank Jateng menyatakan sepakat dengan apa yang telah disampaikan oleh Bupati Kudus. Karena pihak bank juga telah berkontribusi membantu peningkatan ekonomi kerakyatan melalui kredi UKM  bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pengentasan kemiskinan menjadi fokus pemerintah saat ini dalam memajukan negeri. Khususnya dalam peningkatan ekonomi kerakyatan. Karena hal itu merupakan pilar utama penyangga ekonomi nasional. “Untuk itulah berbagai upaya dilakukan dalam mewujudkannya,” kata Bupati Kudus, H Mustofa. (GHOZALI) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment