Wednesday, March 16, 2016

LINTAS ACEH

PROGRAM KELUARGA HARAPAN,
BENTUK KEPEDULIAN PEMERINTAH KEPADA MASYARAKAT

Bupati Aceh Barat saat memberikan bantuan kepada Keluarga Harapan
SENIN (2/11), penyaluran dana program keluarga harapan (PKH) bagi keluarga sangat miskin (KSM) di Kabupaten Aceh Barat digulirkan. PKH merupakan salah satu program penanggulangan kemiskinan dari Kementerian Sosial RI dengan memberikan bantuan tunai bersyarat (pendidikan & kesehatan) kepada Keluarga Sangat Miskin (KSM). Tujuan PKH adalah untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kualitas SDM terutama pada kelompok masyarakat miskin.
Untuk tahap ketiga ini Bupati Aceh Barat, H T Alaidinsyah, meninjau langsung dan menyerahkan secara simbolis kepada salah seorang KSM yang berasal dari Kecamatan Arongan Lambalek, disaksikan unsur muspida setempat  di Kantor Pos Samatiga.
Di Kabupaten Aceh Barat, jumlah penerima PKH Tahun 2015 sebanyak 4.239 KSM yang terbagi dalam 12 kecamatan. Sedangkan dana yang disalurkan pada tahap 3 ini sebesar Rp 1,6 miliar lebih. Sementara total dana yang telah disalurkan sampai dengan tahap 3 ini lebih dari Rp 7,7 miliar.
Bupati H T Alaidinsyah mengatakan, program PKH merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat yang dikatagorikan berhak menerimanya. "Penyaluran bantuan ini sebagai wujud meringankan ekonomi keluarga. Semoga dana yang diterima dapat dipergunakan dengan baik," sebutnya kepada ibu-ibu yang sedang mengantri pembagian dana PKH.
PKH telah hadir di Kabupaten Aceh Barat sejak tahun 2013, dengan fokus sasaran kepesertaan yaitu KSM yang memiliki komponen ibu hamil, balita dan pelajar dari tingkat SD sampai SMA.
Nilai bantuan yang diterima per tahun itu bervariasi tergantung komponen yang terdapat dalam KSM yang dibagi dalam 4 tahap. Nilai terendah dimulai dari Rp 950.000,- untuk komponen 1 orang pelajar SD dan tertinggi Rp 3.700.000,- untuk KSM yang memiliki komponen komplek seperti ibu hamil, balita dan pelajar.

Turut hadir mendampingi bupati dalam penyerahan tersebut di antaranya Danrem 012/TU, Kol Ruruh, Wakil Ketua DPRK Aceh Barat, H Kamarudin SE, Dandim 0105 Aceh Barat, Letkol Jaka Sutanta, Kapolres Aceh Barat, AKBP Teguh Priambodo, Kajari Meulaboh, Ahmad Sirajuddin SH MH, Ketua Pengadilan Negeri Meulaboh, Alex Adam SH dan unsur Pemkab Aceh Barat lainnya. (F.984) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment